SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan model pembelajaran numbered head together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaaran marketing (studi pada siswa kelas X di SMK Islam Batu)

Iscayaningsari Ratih

Abstrak


RINGKASAN

Iscayaningsari, Ratih. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Marketing (Studi Pada Siswa Kelas X di SMK Islam Batu) Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Sutrisno, M. M.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together, Hasil Belajar

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, berbagai upaya pendidikan telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut. Salah satunya adalah dengan mengembangkan kurikulum di Indonesia secara bertahap, sesuai dengan perkembangan dan kamajuan jaman. Salah satu strategi yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan. Salah satu metode pembelajaran yang berkembang pada saat ini adalah pembelajaran aktif. Salah satu bentuk pembelajaran aktif adalah model pembelajaran Numbered Head Together. Model Numbered Head Together berupa diskusi kelompok yang diberikan pertanyaan oleh guru sesuai dengan jumlah anggota kelompoknya yang mewajibkan siswa untuk menjawab sesuai dengan nomer yang dipakai di kepala dan dipresentasikan dalam kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas X Pemasaran SMK Islam Batu setelah menerapkan model Numbered Head Together pada mata pelajaran Marketing. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu:

(1) perencaan,

(2) pelaksanaan,

(3) observasi, dan

(4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas ekperimen kelas X Pemasaran 1 dan kelas kontrol kelas X Pemasaran 2 SMK Islam Batu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) pembelajaran aktif dengan model Numbered Head Together telah dilaksanakan dengan lancar dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan.

 (2) rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif kelas ekperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajaran Marketing sangat efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan

(1) bagi guru mata pelajaran Marketing dapat menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dalam proses pembelajaran,

(2) bagi sekolah dapat mengadakan seminar tentang penggunaan model pembelajaran yang inovatif bagi guru di SMK Islam Batu

 (3) bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan bahan referensi dengan penelitian sejenis sehingga dapat mengurangi keterbatasan atau kekurangan pada penelitian ini dan menjadi penelitian yang lebih baik lagi.