SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Indocitra Jaya Samudera

Agung Gumelar

Abstrak


ABSTRAK

Gumelar, Agung. 2019. Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Indocitra Jaya Samudera. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Afwan Hariri Agus Prohimi, S.E., M.Si.

Kata Kunci: Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Kinerja Karyawan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:

(1) Kondisi keselamatan kerja, kesehatan kerja dan kinerja karyawan bagian produksi PT. Indocitra Jaya Samudera;

(2)Mengetahui pengaruh keselamatan kerja terhadap kinerja karyawan produksi PT. Indocitra Jaya Samudera secara parsial;

(3) Mengetahui pengaruh kesehatan kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi PT. Indocitra Jaya Samudera secara parsial;

(4). Mengetahui pengaruh keselamatan kerja dan kesehatan kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi PT. Indocitra jaya samudera secara simultan.

Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 orang karyawan bagian produksi PT. Indocitra jaya samudera, teknik pengambilan data menggunakan instrumen tertutup dan studi dokumentasi, analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil analisis pada karyawan bagian produksi PT. Indocitra Jaya Samudera diketahui bahwa:

(1) Kondisi keselamatan kerja masuk dalam kategori baik, kondisi kesehatan kerja masuk dalam kategori baik, kinerja karyawan masuk dalam kategori baik;

Terdapat pengaruh positif keselamatan kerja secara parsial terhadap kinerja karyawan PT. Indocitra Jaya Samudera;

(2) Terdapat pengaruh positif kesehatan kerja secara parsial terhadap kinerja karyawan PT. Indocitra Jaya Samudera;

(4) Terdapat pengaruh positif keselamatan dan kesehatan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Indocitra Jaya samudera secara simultan.

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan perusahaan melakukan evaluasi secara menyeluruh mengenai program keselamatan dan kesehatan kerja, Memberikan pengarahan-pengarahan mengenai pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai refrensi untuk penelitian dengan menambahkan variabel lain yang bervariasi dan menarik untuk di pelajari.