SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN E-MODUL MENGGUNAKAN APLIKASI MOON+ READER PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (STUDI PADA KELAS OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMKN 2 KEDIRI)

Wulandari Rida Deviana

Abstrak


RINGKASAN

Wulandari, R. D. 2019. Penerapan E-Modul Menggunakan Aplikasi Moon+ Reader Pada Mata Pelajaran Korespondensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMKN 2 Kediri). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakutas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M.

Kata Kunci: E-Modul, Hasil Belajar

E-Modul merupakan alat atau sarana pebelajaran yang berisi materi, metode, dan evaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompotensi yang diharapkan. Dalam menerapkan E-Modul ini dibutuhkan aplikasi Moon+ Reader.

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan Guru Mata Pelajaran Korespondensi diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran masih bersifat monoton dan peserta didik belum memiliki buku pegangan untuk belajar karena peserta didik hanya mendapatkan materi dari penjelasan Guru dan pinjam buku yang ada di perpustakaan. Informasi lainnya peserta didik masih kurang aktif dalam pembelajaran dan masih tergantung pada Guru dalam proses belajarnya, selain itu nilai hasil belajar ranah kognitif juga masih ada yang berada di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Penerapan E-Modul menggunakan aplikasi Moon+ Reader,

(2) Hasil belajar peserta didik.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas X OTKP 2 SMK Negeri 2 Kediri yang berjulah 36 peserta. Pengumpulan data melalui:

(1) Wawancara,

(2) Observasi,

(3) Tes,

(4) Catatan Lapangan, dan

(5) Dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan setiap pertemuan mencakup 4 tahapan yaitu:

(1) perencanaan,

(2) pelaksanaan,

(3) pengamatan, dan

(4) refleksi.

Hasil penelitian ini adalah

(1) Penerapan E_Modul menggunakan aplikasi Moon+ Reader dapat berjalan lancar sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembalajaran (RPP), pada penerapan E-Modul menggnakan aplikasi Moon+ Reader keterlaksanaan Guru mengalami peningkatan sebesar 3,95% dari siklus I ke siklus II, sedangkan  keterlaksanaan peserta didik juga mengalami peningkatan sebesar 1,81% dari siklus I ke siklus II. Hal ini dikarenakan Guru dan peserta didik dapat membiasakan diri dengan penerapan yang ada.

(2) hail belajar peserta didik pada ranah kognitif mengalami peningkatan sebesar 3,91% dari siklus I ke siklus II dan pada ranah psiomotorik mengalami peningkatan sebesar 4,8% dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, kesimpulan secara keseluruhan adalah penerapan E-Modul menggunakan aplikasi Moon+ Reader layak diterapkan dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik ditinjau dari ranah kognitif dan psikomotorik.