SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Keluasan Kegiatan Ekstrakurikuler (Breadth of Extracurricular Activities) terhadap Hasil Belajar Melalui Konsep Diri

Pertiwi Yulia Dian

Abstrak


RINGKASAN

Pertiwi, Yulia Dian. 2019. Pengaruh Keluasan Kegiatan Ekstrakurikuler (Breadth of Extracurricular Activities) terhadap Hasil Belajar melalui Konsep Diri (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri dan SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sopiah, M.Pd, M.M

Kata Kunci : keluasan kegiatan ekstrakurikuler, konsep diri, hasil belajar

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan suatu model pembelajaran kontekstual dimana peserta didik diberi pembelajaran secara aktif, kreatif, produktif, dan menyenangkan. Kegiatan ekstrakurikuler diharapkan dapat membantu mengembangkan kreatifitas, bakat dan minat peserta didik untuk menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman yang kemungkinan besar tidak mereka dapatkan dari kegiatankurikuler sehingga dapat dicapai prestasi seoptimal mungkin. Namun, tidak seluruh kegiatan ekstrakurikuler berjalan berbanding lurus dengan tujuan awalnya, yaitu mengarahkan peserta didik untuk mencapai prestasi seoptimal mungkin, karena pada kenyataannya pada beberapa kasus, kegiatan ekstrakurikuler justru menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab menurunnya prestasi dalam bidang akademik peserta didik. Demikian halnya dengan penentu dalam keberhasilan perkembangan peserta didik, salah satunya adalah konsep diri. Apabila peserta didik telah mengetahui konsep diri masingmasing maka mereka tidak akan salah memilih sesuatu yang dikehendaki, dalam hal satuan pendidikan salah satunya yaitu memilih kegiatan ekstrakurikuler. Ketika peserta didik berhasil memilih kegiatan ekstrakurikuler yang cocok dan tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar disekolah maka hasil belajar peserta didik pun akan maksimal.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui

(1) pengaruh keluasan kegiatan ekstrakurikuler (Breadth of Extracurricular Activities)terhadap hasil belajar

(2) pengaruh keluasan kegiatan ekstrakurikuler (Breadth of Extracurricular Activities) terhadap konsep diri

(3) pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar, dan

(4) pengaruh keluasan kegiatan ekstrakurikuler (Breadth of Extracurricular Activities) terhadap hasil belajar melalui konsep diri. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik X Otomatisasi dan Tata Kelola Perklantoran SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitar dengan total populasi 104 peserta didik. Sampel Penelitian sebanyak 82 peserta didik yang terbagi dua yaitu SMKN 2 Kediri sebanyak 50 peserta didik dan SMKN 2 Blitar sebanyak 32 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabiltas dan analisis data menggunakan SPSS versi 23.0 for windows. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa

(1) peserta didik yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan sesaui dengan bakat dan minat yang dimiliki atau konsep diri yang positif memperoleh hasil belajar yang baik,

(2) keluasan kegiatan ekstrakurikuler (Breadth of Extracurricular Activities) di  SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar,

(3) keluasan kegiatan ekstrakurikuler (Breadth of Extracurricular Activities) di SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitar berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsep diri ,

(4) konsep diri di SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, dan

(5) keluasan kegiatan ekstrakurikuler (Breadth of Extracurricular Activities) di SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar melalui konsep diri.

Saran yang diberikan peneliti adalah

(1) bagi dinas pendidikan provinsi jawa timur penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi dinas dalam meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan kerjanya, terutama dalam hal kegiatan pembelajaran di luar jam belajar,

(2) bagi pimpinan SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitar diharapkan pihak sekolah lebih memberikan motivasi yang bijak kepada peserta didik agar peserta didik yang kurang percaya diri mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seiring berjalannya waktu agar bisa lebih aktif dalam kegiatan tersebut,

(3) bagi siswa SMKN 2 Kediri dan SMKN 2 Blitar siswa dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai wawasan untuk lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan yang ada di luar jam belajar untuk meningkatkan bakat dan minat yang dimiliki,

(4) bagi peneliti selanjutnya yaitu mengingat variabel bebas dalam penelitian ini merupakan hal yang sangat penting dalam mempengaruhi hasil belajar diharapkan hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan variabel-variabel lain yang merupakan variabel lain diluar variabel yang sudah masuk dalam penelitian ini.

 

SUMMARY

Pertiwi, Yulia.Dian. 2019.The Effect of Breadth of Extracurricular Activities on Learning Outcomes through Self-Concepts (Study of Vocational Automation and Office Management in Kediri and Blitar). Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. Sopiah, M.Pd, M.M

Keyword : breadth of extracurricular, self concept, learning outcomes

Extracurricular activities are contextual learning model in which students are given the active learning, creative, productive, and fun. Extracurricular activities are expected to help develop students' creativity, talents and interests to broaden their knowledge and experience that they are unlikely to get from curricular activities so that achievement can be achieved as optimally as possible. However, not all extracurricular activities run directly proportional to the intended purposes of directing learners to achieve optimal as possible, because in fact in some cases, extracurricular activities became one of the factors causing the decline in academic achievement of learners. Likewise with determinants in the success of the development of students, one of which is self-concept. If students already know each other's self concepts, they will not choose the wrong thing they want, in terms of the education unit one of them is choosing extracurricular activities.When students succeed in choosing extracurricular activities that are suitable and do not interfere with teaching and learning activities at school, the learning outcomes of students will be maximized.

The purpose of this study was to determine

(1) the influence of the extent of extracurricular activities (Breadth of Extracurricular Activities) on learning outcomes

(2) the influence of the extent of extracurricular activities (Breadth of Extracurricular Activities) on self-concept

(3) the effect of self-concept on learning outcomes, and

(4 ) the influence of the extent of extracurricular activities (Breadth of Extracurricular Activities) on learning outcomes through self-concept. This research approach uses quantitative research. The population of this study was students X of Automation and Office Management in SMK 2 Kediri and SMK 2 Blitar with a total population of 104 students. The research sample consisted of 82 students divided into two, namely SMK 2 Kediri as many as 50 students and SMK 2 Blitar as many as 32 students. Data collection using questionnaires and documentation. Test the validity and reliability and analysis of data using SPSS version 23.0 for Windows. Data analysis was performed with descriptive statistics and inferential statistics.

The results of the study showed that

(1) learners actively participating in extracurricular activities and in accordance with their talents and interests owned or positive self-concept obtain good learning outcomes,

(2) the breadth of extracurricular activities in SMKN 2 Kediri and SMKN 2 Blitar have a positive and significant effect on learning outcomes,

(3) the breadth of extracurricular activities in SMKN 2 Kediri and SMKN 2 Blitar have a positive and significant effect on self-concept,

(4) self-concept in SMKN 2 Kediri and SMKN 2 Blitar  have a positive and significant effect on learning outcomes, and

(5) the breadth of

extracurricular activities in SMKN 2 Kediri and SMKN 2 Blitar have a positive and significant effect on learning outcomes through self-concept.

Suggestions given by researchers are

(1) for the Jatim Provincial education office, this research can be used as input for the department in improving the quality of education in its work environment, especially in terms of learning activities outside of hours of study,

(2) for the schools in SMKN 2 Kediri and SMKN 2 Blitar is expected that the school will provide more wise motivation to students so that students who lack confidence in participating in extracurricular activities over time in order to be more active in these activities,

(3) for the students of SMKN 2 Kediri and SMKN 2 Blitar students can make results this study as an insight to be more enthusiastic in participating in activities that are outside of learning hours to improve their talents and interests,

(4) for further research are given the independent variable in this study is very important in influencing the learning outcomes expected results of this study can be used as a reference for further research to develop this research by considering other variables that are other variables outside variables that are included in this research.