SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Teknologi Perkantoran Berbasis Predict Observe Explain (POE) Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMKN 2 Blitar)

Ria Agustina

Abstrak


Perubahan kurikulum 2013 revisi menyebabkan kurangnya bahan ajar yang berupa modul khususnya pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Kurangnya ketersediaan bahan ajar akan berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar. Modul Teknologi Perkantoran Berbasis Predict Observe Explain (POE) memiliki tiga tahapan pembelajaran yaitu memprediksi, mengamati, dan menjelaskan untuk menyesuaikan kebutuhan peserta didik yang dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar. Tujuan penelitian pengembangan yang ini adalah

(1) Menghasilkan bahan ajar berupa modul Teknologi Perkantoran berbasis Predict Observe Explain (POE) pada materi pengoperasian aplikasi pengolah bahan cetak untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran,

(2) Mengetahui kelayakan bahan ajar berupa modul Teknologi Perkantoran berbasis Predict Observe Explain (POE) pada materi pengoperasian aplikasi pengolah bahan cetak untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran melalui validasi ahli,

 (3) Mengetahui perbedaan kemandirian dan hasil belajar peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMKN 2 Blitar yang menggunakan modul Teknologi Perkantoran berbasis Predict Observe Explain (POE) dan peserta didik yang tidak menggunakan modul Teknologi Perkantoran berbasis Predict Observe Explain (POE).

Penelitian pengembangan ini menggunakan metode research and development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg and Gall, dengan langkah-langkah:

(1) Potensi dan masalah;

(2) Pengumpulan data;

(3) Desain produk;

(4) Validasi produk;

(5) Revisi produk 1;

(6) Uji coba kelompok kecil;

(7) Revisi produk 2;

(8) Uji coba kelompok besar. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh ahli modul, ahli materi dan enam peserta didik pada uji coba kelompok kecil.

Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah

(1) Modul Teknologi Perkantoran Berbasis Predict Observe Explain (POE) pada materi Pengoperasian Aplikasi Bahan Cetak peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

(2) Berdasarkan data kuantitatif hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa modul memiliki kriteria sangat valid, hasil validasi ahli modul memiliki kriteria sangat valid, dan hasil uji coba kelompok kecil memiliki kriteria sangat valid (dapat digunakan tanpa revisi).

 (3) Rata-rata nilai kemandirian belajar kelas eksperimen sebesar 98%, sedangkan kelas kontrol sebesar 83%. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 89,3%, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 82,2%. Hasil perbandingan nilai rata-rata kemandirian dan hasil belajar menunjukkan bahwa tingkat kemandirian dan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan tingkat kemandirian dan hasil belajar pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan modul Teknologi Perkantoran berbasis Predict Observe Explain (POE) pada materi pengoperasian aplikasi pengolah bahan cetak dinyatakan lebih efektif digunakan dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik.

Saran pemanfaatan bagi guru yaitu dapat menggunakan modul Teknologi Perkantoran Berbasis Predict Observe Explain (POE) sebagai referensi pada saat akan melangsungkan pembelajaran di kelas. Saran pemanfaatan bagi peserta didik yaitu dapat menggunakan modul Teknologi Perkantoran Berbasis Predict Observe Explain (POE) sebagai sumber dan panduan untuk belajar. Dan saran pemanfaatan bagi peneliti selanjutnya yaitu selalu melakukan koordinasi yang baik dengan pihak-pihak yang terkait penelitian yang dikembangkan.