SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL KOLABORASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Bisnis Daring Pemasaran 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang)

Robby Panji Saputro

Abstrak


RINGKASAN

Saputro, Robby Panji. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kolaborasi  Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Bisnis Daring Pemasaran 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang), Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  Dr. H. Ludi Wishnu Wardana, S.Pd., S.E., M.M

Kata Kunci: contextual teaching and learning dan problem based learning, hasil belajar.

Hasil observasi awal di SMK Muhammadiyah 2 Malang  pada kelas X BDP 1, menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih kurang memenuhi KKM yang sudah ditentukan. Hal ini terbukti dari hasil nilai ulangan KD 3.6 dari total keseluruhan peserta didik kelas X BDP 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang yaitu 18 peserta didik memperoleh nilai ulangan di bawah KKM dari keseluruhan 24 peserta didik. Hal ini disebabkan karena pembelajaran Komunikasi Bisnis di kelas berpusat kepada guru, peserta didik kurang diberikan kesempatan untuk bertanya sehingga dalam kegiatan pembelajaran tidak ada timbal balik antara guru dan peserta didik. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kolaborasi CTL dan PBL.

Tujuan dari penelitian ini menjelaskan bagaimana penerapan model pembelajaran kolaborasi CTL dan PBL pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis dan apakah model pembelajaran kolaborasi CTL dan PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga kehadiran dan peran peneliti di lapangan sangat diperlukan.

Hasil penelitian dari siklus I diperoleh berdasarkan rata-rata hasil belajar paska kegiatan sebesar  73,83%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan yaitu sebesar 78,54% dan rata-rata hasil belajar siklus III kegiatan sebesar 84,25%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksankan di kelas X BDP 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang dapat disimpulkan bahwa: Penerapan model pembelajaran kolaborasi CTL dan PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X BDP 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang semester genap tahun ajaran 2018/2019 pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis. Saran yang dari penelitian ini adalah agar peneliti selanjutnya sebaiknya tidak hanya mengukur hasil belajar namun menambahkan variabel-variabel lain untuk menjadi penelitian yang lebih baik.

 

 

 

 

SUMMARY Saputro, Robby Panji. 2019  Application of Collaborative Learning  Models  Contextual Teaching and Learning (CTL) and Problem Based Learning (PBL) to Improve Classroom Learning Outcomes (Study To X Bisnis Daring Pemasaran 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang) sarjana’s Thesis, Department of  Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. H. Ludi Wishnu Wardana, S.Pd., S.E., M.M 

Key word: contextual teaching and learning and problem based learning , The learning results.

The first observation outcomes in SMK Muhammadiyah 2 Malang in class X BDP 1 shows that student learning outcomes still do not reach the specified KKM. This is because the learning of Komunikasi Bisnis in the classroom is centered on the teacher and students are not given the opportunity to ask questions so there is no reciprocity between the teacher and students in learning activities. From outcomes of observations indicate that the learning outcomes of students of class X BDP 1 SMK Muhammadiayah 2 Malang are low. Therefore, researchers want to conduct research to overcome this problem by applying a collaborative learning models between CTL and PBL.

               The purpose of this study explains how the application of the learning models in collaboration between CTL and PBL on Komunikasi Bisnis subjects and whether the learning models of the CTL collaboration and PBL can improve student learning outcomes. This study uses a quantitative approach to the type of classroom action research (PTK) so that the presence and role of researchers in the field is very necessary.               The outcomes of the research from the first cycle were obtained based on the average post-activity learning outcomes of 73,83%. in the second cycle the average student learning outcomes showed an increase of 78,54% and the average post-activity learning results was 84,25%. Based on the research that has been carried out in class X BDP 1 SMK Muhammadiyah 2 Malang it can be concluded that: The application of the learning model of the CTL and PBL collaboration can improve the learning outcomes of students of class X BDP 1 in Muhammadiyah 2 Malang in the 2018/2019 academic year on Komunikasi Bisnis subjects. Suggestions that can be given from this study are. The next researcher should not only measure learning outcomes but add other variables to be a better study.