SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing (Studi Pada NUsantara Mart MWC NU Ngoro Kabupaten Mojokerto)

Sushanti Febby Arie

Abstrak


ABSTRAK

Sushanti, Febby Arie. 2019. Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing (Studi Pada NUsantara Mart MWC NU Ngoro Kabupaten Mojokerto). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Titis Shinta Dhewi, S.P., M.M

Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh NUsantara Mart MWC NU Ngoro dan merumuskan dan merekomendasikan kepada NUsantara Mart MWC NU Ngoro strategi pemasaran yang berdaya saing.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri. Analisis data dengan menggunakan matrik IFAS – EFAS dan matriks SWOT.

NUsantara Mart MWC NU Ngoro berdasarkan analisis SWOT memiliki faktor kekuatan yaitu: sumber dana yang terjamin karena antusiasme jamaah Nahdlatul Ulama, sistem pendistribusian saham yang merata, harga produk yang kompetitif, jenis barang yang dijual relatif lengkap dan beragam, dan ruang toko yang luas. Kelemahan NUsantara Mart MWC NU Ngoro adalah: lokasi distribution center yang jauh dengan toko, tidak independen, karyawan yang terbatas dan pasif, belum ada promosi terjadwal, dan daya saing yang lemah dibandingkan dengan pesaing. Untuk peluang yang dimiliki oleh NUsantara Mart MWC NU Ngoro yaitu: memiliki basis pelanggan loyal, perkembangan teknologi informasi, letak geografis toko, minat supplier dan produsen UKM lokal yang ingin bekerja sama, dan lahan parkir yang luas. Sedangkan untuk ancaman yang dimiliki oleh NUsantara Mart MWC NU Ngoro adalah: kelengkapan fasilitas dan pelayanan tambahan pada minimarket pesaing, kompetitor yang agresif, dan kelangkaan stok barang.

Posisi NUsantara Mart MWC NU Ngoro berdasarkan perhitungan kuadran SWOT berada pada kuadran 1, dengan skor faktor internal 1,27 dan skor pada faktor eksternalnya 1,04. Posisi tersebut mendukung strategi agresif dengan strategi yang paling tepat untuk dilaksanakan adalah strategi Strengths – Opportunities (SO) yaitu membuka kembali penjualan saham, memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, bekerja sama dengan supplier dan UKM lokal, memanfaatkan luas toko untuk menambah volume produk yang dijual, memanfaatkan momentum untuk promosi, memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi untuk promosi. Saran yang dapat diberikan antara lain:

(1) pihak NUsantara Mart MWC NU ngoro hendaknya tetap aktif melakukan pengembangan strategi pemasaran terlepas dari sudah dimilikinya basis pelanggan yang loyal,

(2) memperbaiki sistem manajemen dan menargetkan akan terlaksananya RUPS serta pembagian deviden saham,

(3) segera menerbitkan surat saham dan member card,

 (4) dan untuk lebih transparan mengenai perkembangan NUsantara Mart MWC NU Ngoro.