SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Green Product terhadap Green Purchase Intentions melalui Consumers’ Perception Produk Motor Listrik Gesits di Indonesia

Suryanto Hadi

Abstrak


ABSTRAK

Suryanto, Hadi. 2019. Pengaruh Green product Terhadap Green purchase intentions Melalui Consumers’ perception di Indonesia Pada Motor Listrik Gesits. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Sopiah, M.Pd, M.M

Kata kunci: Green product, Consumers’ perception, Green purchase intentions

Pencemaran lingkungan merupakan masalah serius yang perlu diatasi, salah satunya adalah pencemaran udara. Penyumbang polusi udara terbesar adalah alat transportasi dan industri. Untuk mengurangi pencemaran udara dari aspek transportasi maka diluncurkanlah alat transportasi yang tidak menyebabkan polusi udara yakni motor listrik GESITS. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk ramah lingkungan (Green purchase intentions). Green purchase intentions diduga dipengaruhi oleh jenis green product yang dihadirkan dan juga dipengaruhi oleh consumers’ perception tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Tujuan dalam penelitian ini antara lain untuk menjelaskan:

(1) Deskripsi dari green product, consumers’ perception, dan green purchase intentions;

(2) Bersarnya pengaruh langsung green product terhadap consumers’ perception;

(3) Besarnya pengaruh langsung consumers’ perception terhadap green purchase intentions;

(4) Besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung green product terhadap green purchase intentions melalui consumers’ perception. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis peneltian deskriptif dan eksplanatori. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh rakyat Indonesia yang berminat untuk membeli motor listrik GESITS dan berumur minimal 18 tahun, dengan jumlah populasi infinite. Sampel yang didapatkan dengan melalui rumus dalam penelitian ini sebanyak 276 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sementara teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path).

Hasil uji analisis jalur menunjukkan:

(1) Berdasarkan klarifikasi interval, green product dikategorikan “baik”; consumers’ perceptions dikategorikan “tinggi”; dan green purchase intentions dikategorikan “tinggi”.

(2) Terdapat pengaruh langsung secara positif dan signifikan green product terhadap consumers’ perception;

(3) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan consumers’ perception terhadap green purchase intentions;

(4) Terdapat pengaruh langsung dan tidak secara positif dan signifikan green product terhadap green purchase intentions melalui consumers’ perceptions.

Berdasarkan hasil penelian yang didapatkan, disimpulkan bahwa tiap variabel memiliki pengaruh positif dan signifikan baik langsung dan tidak langsung. Adapun beberapa saran yaitu:

(1) PT Gesits Technologies Indo terus melakukan pengembangan produk mulai dari atribut, keamanan, dan suku cadang. Selain itu, PT Gesits Technologies Indo dapat memberikan desain yang beragam dan mampu digunakan diberbagai kondisi di tanah air.

(2) Jumlah sampel dalam penelitian ini sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Indonesia sebanyak 269 juta jiwa.

(3) Penelitian ini melihat dari perspektif konsumen, sehingga dapat dikembangkan melalui perspektif produsen.