SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Citra Toko dan Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli Ulang (Studi Kasus pada Prima Swalayan di Kabupaten Nganjuk)

Alif Abdurrahman

Abstrak


ABSTRAK

Alif, Abdurrahman. 2019. Pengaruh Citra Toko dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Prima Swalayan di Kabupaten Nganjuk). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing. Handri Dian Wahyudi, S.Pd., S.E., M.Sc.

Kata Kunci: Citra toko, Kepuasan pelanggan, Niat beli ulang

Perusahaan dituntut bersaing secara kompetitif dalam hal menciptakan dan mempertahankan konsumen yang loyal, agar peritel asing tidak menguasai pasar di Indonesia. Potensi pasar Indonesia yang cukup besar dan menguatnya usaha kelas kecil dan menengah telah menambah jumlah kelompok masyarakat yang memilki gaya hidup berbelanja di ritel modern.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra toko dan kepuasan pelanggan terhadap niat beli ulang pada Prima Swalayan di Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data Regresi Linier Berganda. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Prima Swalayan Nganjuk yang telah melakukan pembelian. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan perhitungan rumus Daniel dan Terrel sehingga sampel berjumlah 30 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan penilaian skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Swalayan Prima lebih mementingkan kualitas barang dan lokasi yang memiliki lahan parkir luas; 2) Pelanggan puas dengan kualitas produk yang disediakan oleh di toko Swalayan Prima; 3) Konsumen memiliki keinginan untuk melakukan pembelian ulang produk di Prima Swalayan Nganjuk; 4) Citra toko memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang nilai t-hitung sebesar 6,458 dengan p-value sebesar 0,000 < 0,05.