SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Jiwa Konvensional dan Syariah Berdasarkan Risk Based Capital dan Early Warning System Periode 2013-2017

Kusuma Linda

Abstrak


ABSTRAK

Kusuma, Linda. 2019. Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Jiwa Konvensional dan Syariah Berdasarkan Risk Based Capital dan Early Warning System Periode 2013-2017. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Fadia Zen, S.E., M.M.

Kata Kunci: perusahaan asuransi jiwa konvensional, perusahaan asuransi jiwa unit syariah, risk based capital, dan early warning system.

Perkembangan industri asuransi jiwa yang semakin pesat mengakibatkan persaingan yang semakin ketat dan mendorong perusahaan untuk selalu memperbaiki kinerja perusahaan, khususnya kinerja keuangan perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menjaga eksistensi perusahaan asuransi jiwa dan juga menarik minat masyarakat untuk berasuransi di perusahaan asuransi jiwa tersebut. Penelitian tentang kinerja keuangan perusahaan asuansi jiwa konvensional dan syariah perlu dilakukan karena bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat dan untuk mengetahui apakah perusahaan asuransi dengan sistem operasional yang berbeda (konvensional dan syariah) memiliki kinerja keuangan yang sehat sehingga mampu memenuhi klaim terhadap tertanggung setiap saat. Hal ini ditinjau dari kondisi kinerja keuangan perusahaan asuransi jiwa konvensional dan syariah selama periode penelitian yaitu tahun 2013-2017 berdasarkan analisis risk based capital dan early warning system. Kemudian dicari tahu apakah terdapat perbedaan kinerja kinerja keuangan perusahaan asuransi jiwa konvensional dan syariah selama periode 2013-2017 berdasarkan risk based capital dan early warning system.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah perusahaan asuransi jiwa yang memiliki unit konvensional dan unit syariah, dan terdaftar di OJK tahun 2013-2017. Penelitian ini dimulai dengan menghitung rasio setiap variabel di setiap unit, kemudian dilakukan analisis deskriptif terhadap masing-masing variabel. Setelah dilakukan uji normalitas data dengan metode shapiro-wilk, selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji sign-test.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan asuransi jiwa unit syariah dan unit konvensional. Perusahaan asuransi jiwa unit syariah unggul dalam empat variabel, yaitu rasio beban klaim, rasio kecukupan investasi, rasio pertumbuhan premi, dan rasio teknis. Sedangkan perusahaan asuransi jiwa unit konvensional unggul dalam tiga variabel, yaitu RBC, rasio hasil investasi, dan rasio likuiditas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan perusahaan asuransi jiwa unit syariah lebih baik daripada kinerja keuangan perusahaan asuransi jiwa unit konvensional.

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan yaitu perusahaan asuransi jiwa harus mempublikasikan informasi keuangan yang lebih lengkap. Investor diharapkan melihat kemampuan keuangan perusahaan dari berbagai aspek dalam mengambil keputusan investasi di perusahaan asuransi jiwa. Masyarakat harus benar-benar bijak dalam memilih perusahaan asuransi dan bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian sejenis, diharapkan menggunakan rasio-rasio yang lain supaya hasilnya lebih akurat.