SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen pada Mata Pelajaran Administrasi Umum)

Abrori Mohammad Rahadian Auladi

Abstrak


 

RINGKASAN

Abrori, M. R. A. 2019. Pengaruh Disiplin Belajar dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen pada Mata Pelajaran Administrasi Umum). Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: disiplin belajar, fasilitas belajar di sekolah, hasil belajar.

Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan manusia, yaitu salah satu kebutuhan dasar manusia semasa hidupnya yang harus dipenuhi agar manusia dapat berperilaku sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku pada masyarakat. Peserta didik di SMK Cendika Bangsa Kepanjen masih terdapat yang tidak menerapkan disiplin belajar dengan baik, seperti peserta didik yang terlambat dating ke sekolah, keluar kelas tanpa ijin, berada di kantin saat proses pembelajaran berlangsung, beberapa peserta didik tidak memakai atribut lengkap, peserta didik kurang memperhatikan pelajaran yang diberikan guru, dan banyak peserta didik yang terlambat mengumpulkan tugas. Kemudian, penggunaan fasilitas belajar di sekolah yang belum optimal, terbukti dengan penggunaan media pembelajaran speaker yang digunakan untuk memutar musik, penggunaan laboratorium administrasi perkantoran tidak ubtuk mencari informasi terkait materi pembelajaran, melainkan untuk menonton Youtube, mengunduh lagu, dan film.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) deskripsi variabel disiplin belajar, variabel fasilitas belajar di sekolah, dan hasil belajar peserta didik,

(2) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen pada Mata Pelajaran Administrasi Umum,

(3) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen pada Mata Pelajaran Administrasi Umum.

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Variabel bebas yaitu disiplin belajar (X1) dan fasilitas belajar di sekolah (X2), dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Cendika Bangsa yang menempuh mata pelajaran Administrasi Umum yang berjumlah 104 peserta didik, dengan sampel sebesar 83 peserta didik. Teknik sampling menggunakan Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert dengan lima alternatif jawaban. Jenis skala pengukuran dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan membagikan kuesioner pada 30 responden di luar sampel penelitian. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Analisis data dalam statistik inferensial pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Sebelum melakukan analisis regresi linear berganda, dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Sumber data diperoleh dari data  primer yang berasal dari responden dan data sekunder berasal dari bagian Tata Usaha dan Waka Kurikulum berupa data mata pelajaran administrasi umum, jumlah peserta didik, dan nilai rapor administrasi umum semester gasal 2018/2019.

Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan;

(1) disiplin belajar adalah sikap peserta didik mengatur dirinya dalam aktivitas belajarnya di sekolah. Disiplin belajar diklasfikasikan Baik, fasilitas belajar di sekolah adalah keberadaan dan keadaan sarana prasarana untuk menunjang suatu kegiatan belajar peserta didik di sekolah. Fasilitas belajarn diklasifikasikan Baik, dan hasil belajar adalah hasil karya yang dicapai dalam kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat. Hasil belajar diklasifikasikan Cukup Kompeten;

(2) Tidak ada pengaruh signifikan antara variabel disiplin belajar terhadap variabel hasil belajar peserta didik kelas X yang menempuh mata pelajaran Administrasi Umum SMK Cendika Bangsa Kepanjen;

(3) Tidak ada pengaruh signifikan antara variabel fasilitas belajar di sekolah terhadap variabel hasil belajar peserta didik kelas X yang menempuh mata pelajaran Administrasi Umum SMK Cendika Bangsa Kepanjen.

Peneliti menyarakan;

(1) Kepala Sekolah memberikan fasilitas ruang kelas yang lebih nyaman, sehingga peserta didik akan tetap fokus dengan pembelajaran, menambah peraturan sekolah seperti berkeliaran atau keluar kelas pada saat jam pelajaran berlangsung;

(2) Guru sebaiknya menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik, seperti cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, hormat dan santun, kasih saying, peduli, kerjasama, percaya diri, keadilan dan kepemimpinan, toleransi, dan persatuan;

(3) Peserta didik diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan untuk mentaati segala peraturan sekolah, dengan ikut menjaga kenyamanan dan keamanan lingkungan sekolah, peserta didik sebaiknya lebih percaya diri dengan hasil pekerjaannya sendiri;

 

(4) Disarankan untuk peneliti selanjutnya, sebaiknya untuk meneliti faktor intern maupun faktor ekstern yang mempunyai pengaruh lebih besar terhadap hasil belajar siswa selain dari disiplin belajar dan fasilitas belajar di sekolah yang digunakan dalam penelitian ini. Misalnya seperti gaya belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan belajar, motivasi belajar, efikasi diri, pendidikan karakter, perhatian orang tua, latar belakang pendidikan orang tua, tingkat pendapatan orang tua, dan sebagainya.