SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Volatilitas Harga, Likuiditas Saham dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks Small Mid Capital (IDX SMC) Composite.

Prasetyo Mukti Novan

Abstrak


 

RINGKASAN

Prasetyo Mukti, Novan. 2018. Analisis Pengaruh Volatilitas Harga, Likuiditas Saham dan Kapitalisasi Pasar Terhadap Return Saham Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks Small Mid Capital (IDX SMC) Composite. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Trisetia Wijijayanti, S.E., M.BA.

 

Kata Kunci: Return Saham, Volatilitas Harga, Likuiditas Saham, Kapitalisasi Pasar, IDX SMC Composite

Saham adalah instrumen investasi finansial yang diminati investor dengan return dan risiko yang melekat di dalamnya. Saham dipilih karena memiliki tingkat return yang relatif besar dibandingkan instrumen investasi lainnya. Investasi saham dapat dilakukan melalui bursa saham ataupun broker mitra Bursa Efek Indonesia. Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan kemudahan bagi investor dengan keterbatasan pengetahuan dengan menerbitkan indeks acuan saham. Indeks IDX Small Mid Capital (IDX SMC) Composite merupakan indeks acuan yang diterbitkan BEI pada akhir tahun 2017 dengan rentang kapitalisasi 1 – 50 Trilyun Rupiah yang menfasilitasi investor dengan keterbatasan dana.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana return saham dari perusahaan yang tergabung dalam IDX SMC Composite dan bagaimana variabel volatilitas harga, likuiditas saham dan kapitalisasi pasar mempengaruhi return saham pada indeks tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data harian dan bulanan dari transaksi saham IDX SMC Composite dengan 54 sampel saham selama 6 bulan pada periode indeks Februari – Juli 2018.

Penelitian ini menggunakan metode Regresi Linier Berganda dengan taraf signifikansi 5%. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, heterokedastisitas, multikolinearitas, dan autokorelasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji T dan didapati bahwa ketiga variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham, dimana volatilitas harga dan kapitalisasi pasar memiliki pengaruh positif signifikan dan likuiditas saham mempengaruhi return saham secara negatif