SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Atribut Produk terhadap Minat Beli Laptop HP (Hewlett-Packard) pada Pengunjung Cyber Mall Kota Malang

Ariananta Dhimas Setio

Abstrak


ABSTRAK

Ariananta, Dhimas Setio. 2019. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Minat Beli Laptop HP (Hewlett-Packard) Pada Pengunjung Cyber Mall Kota Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si.

 

Kata Kunci: Atribut Produk, Harga, Merek, Desain Produk, Kualitas Produk, Strategi Pemasaran

Laptop HP (Hewlett-Packard) merupakan salah satu produk laptop yang banyak diminati oleh masyarakat. Atribut Produk mempunyai pengaruh yang besar kepada persepsi konsumen terhadap produk terutama dalam menumbuhkan minat beli di benak konsumen, karena melalui atribut-atribut produk suatu produk dapat dikomunikasikan dan disampaikan kepada konsumen.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi keadaan atribut produk yang terdiri dari harga, merek, desain produk, kualitas produk terhadap minat beli pada pengunjung Cyber Mall Kota Malang, serta pengaruh atribut produk yang terdiri dari harga, merek, desain produk, kualjnitas produk terhadap minat beli secara parsial maupun simultan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung dari Cyber Mall Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung Cyber Mall Kota Malang yang berjumlah 170 responden yang berminat melakukan pembelian terhadap laptop HP. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa:

(1) pengunjung Cyber Mall Kota Malang menilai baik atirbut produk laptop HP yang terdiri dari harga, merek, desain produk, dan kualitas produk serta minat beli yang baik terhadap produk laptop HP,

(2) harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli, merek berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli, desain produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli laptop HP pada pengunjung Cyber Mall Kota Malang

(3) atribut produk yang terdiri dari harga, merek, desain produk, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat beli laptop HP pada pengunjung Cyber Mall Kota Malang.

 

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pihak manajemen Hewlett-Packard Company sebaiknya tetap memperhatikan apa yang konsumen butuhkan dan inginkan baik dari segi kualitas komponen yang disematkan maupun kenyamanan konsumen dalam pengoperasian dimana nantinya akan menciptakan minat beli terhadap produk terutama dalam atribut produk. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah meneliti dengan mengembangkan dan melakukan inovasi terhadap penelitian ini berupa penggantian maupun penambahan variabel lain yang berpengaruh terhadap minat beli seperti iklan, kemasan, dan yang lainnya.