SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Google Classroom Untuk Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis ( Studi pada siswa kelas X program keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Malang)

Rina Kartikawati

Abstrak


Kata kunci : Media Pembelajaran E-learning, Google Classroom , Perencanaan Bisnis

Penelitian dan pengembangan ini di dasari adanya permasalahan terbatasnya waktu belajar siswa kelas X BDP 1 SMKN 1 Malang pada saat penerimaan materi dari guru dan pengumpulan tugas yang masih menggunakan kertas ataupun buku yang sering terselip, hilang atau tidak terorganisasi dengan baik. Dan terbatasnya sumber belajar yang dapat di peroleh siswa untuk dapat belajar secara mandiri.

Penelitian pengembangan ini merupakan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan (Borg and Gall,1983) didalam Setyosari dengan menggunakan 7 tahapan. Data yang digunakan ialah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif di peroleh dari hasil kritik dan saran yang diberikan oleh validator ahli media dan materi dan 34 peserta didik sebagai hasil uji coba pemakaian media serta respon siswa terhadap media.

Media pembelajaran E-learning berbasis Google classroomini nantinya akan membantu guru dalam penyampaian materi bersifat teori dan pengumpulan tugas yang terstruktur. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk

(1) mengembangkan media pembelajaran E-learning berbasis Google classroompada materi Menyusun Proposal Usaha peserta didik kelas X BDP 1 SMKN 1 Malang

(2) menguji kelayakan media berdasarkan respon siswa terhadap media pembelajaran E-learning berbasis Google classroompada materi Menyusun Proposal Usaha.

Hasil yang di peroleh dari penelitian ini, pengembangan media pembelajaran E-learning berbasis Google classroomdengan subjek uji coba ahli media, ahli materi dan siswa pada kompetensi dasar menerapkan prosedur pembuatan proposal usaha memiliki kriteria sangat valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran dengan perolehan persentase sebesar 97% dari ahli media, sebesar 81% dari ahli materi, dan sebesar 84% dari uji coba lapangan.

Saran pemanfaatan media pembelajaran ini

(1) guru di harapkan dapat membuat suasana belajar menarik dan menyenangkan melalui media pembelajaran ini

(2) peserta didik sebaiknya menggunakan media ini agar belajar tidak hanya menggunakan buku teks saja dan mengerjakan tugas tidak selalu di buku tulis ataupun mencetaknya (print out)

(3) diharapkan guru dan peserta didik membaca dan mempelajari buku petunjuk penggunaan dan tutorial media ini

 

(4) saran pengembangan lebih lanjut untuk peneliti yang akan mengembangkan media ini selanjutnya hendaknya berdasarkan manfaat media dalam kegiatan pembelajaran dan lebih banyak melibatkan pihak sekolah.