SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017)

Ekawati Luluk

Abstrak


ABSTRAK

Ekawati, Luluk. 2019. Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Food and Beverage yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si.

 

Kata Kunci: likuiditas, solvabilitas, nilai perusahaan, profitabilitas

Bertambahnya jumlah perusahaan baru dapat membuat persaingan dunia bisnis semakin ketat. Selain itu, meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia membuat perusahaan sektor makanan dan minuman juga meningkat dengan permintaan yang tinggi juga menjadi alasan mengapa perusahaan industri  menjadi andalan. Perusahaan  sebagai salah satu bentuk organisasi yang pada umumnya memiliki tujuan  untuk memaksimalkan keuntungan atau  laba dan mengoptimalkan nilai perusahaan di sektor makanan dan minuman.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah

(1) untuk mengetahui kondisi dari nilai perusahaan, likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas,

(2) untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan solvabilitas terhadap nilai perusahaan,

(3) untuk mengetahui moderasi profitabilitas atas pengaruh likuiditas dan solvabilitas terhadap nilai perusahaan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausalitas dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan. Populasi pada penelitian ini menggunakan adalah perusahaan food and beverage yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2017 sebanyak 18 perusahaan. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 9 perusahaan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah format dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi nilai perusahaan mengalami peningkatan, likuiditas mengalami peningkatan, solvabilitas mengalami penurunan, dan profitabilitas cenderung stabil. Hasil analisis menunjukkan likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dan solvabilitas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hasil analisis lainnya menunjukkan bahwa likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas tidak berpengaruh siginifikan terhadap nilai perusahaan.

Saran yang diberikan pada peneliti terhadap penelitian ini adalah

(1) Bagi investor hendaknya dalam memilih perusahaan untuk berinvestasi, investor harus lebig selektif sebelum memutuskan berinvestasi, khususnya dalam melihat laba atau tingkat pengembalian  yang diterima perusahaan,

(2) Bagi perusahaan hendaknya dapat memperhatikan faktor-faktor seperti besarnya likuiditas perusahaan dan  profitabilitas yang diperoleh karena berdasarkan hasil penelitian  masih ada beberapa perusahaan yang memiliki nilai yang kurang baik sehingga dapat mempengaruhi nilai perusahaan,

(3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengganti dengan variabel lain atau dapat menambah variabel yang lain terutama tentang faktor-faktor  yang mempengaruhi nilai perusahaan.

 

ABSTRACT

Ekawati, Luluk. 2019. Effect of Liquidity and Solvability on Company Values Through Profitability (Study of Food and Beverage Companies that Listing on the Indonesia Stock Exchange for the 2012-2017 Period). Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Sc.

 

Keywords: liquidity, solvency, company value, profitability

The increasing number of new companies can make the business world competition increasingly tight. In addition, the increasing population in Indonesia makes the food and beverage sector companies also increase with high demand, which is also the reason why industrial companies are a mainstay. The company as a form of organization which generally has a goal to maximize profits or profits and optimize the value of companies in the food and beverage sector.

The purpose of this study is

(1) to determine the conditions of company value, liquidity, solvency, and profitability,

(2) to determine the effect of liquidity and solvability on firm value,

(3) to determine moderation of profitability on the effect of liquidity and solvency on firm value .

This research is a quantitative research with an associative causality approach using secondary data derived from financial statements. The population in this study used were food and beverage companies listing 18 Indonesian companies in the Indonesia Stock Exchange (BEI) for the period of 2012-2017. The sample selection used a purposive sampling method and obtained 9 companies. The data collection instrument used is the documentation format. The data analysis technique used in this study is path analysis.

The results of the study show that the condition of the company's value has increased, liquidity has increased, solvency has decreased, and profitability tends to be stable. The results of the analysis show that liquidity has no significant effect on profitability and solvency has a significant effect on profitability. Other analysis results show that liquidity, solvency and profitability have no significant effect on firm value.

Suggestions given to researchers on this research are

(1) For investors, in choosing companies to invest, investors must be more selective before deciding to invest, especially in looking at profits or the rate of return received by the company,

(2) For companies should be able to pay attention to factors such as the magnitude of company liquidity and profitability obtained because based on the results of the study there are still some companies that have poor value so that it can affect the value of the company,

(3) For further researchers it is recommended to replace with other variables or can add other variables, especially about factors that affect company value.