SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PERCEIVED PRODUCT VALUE DAN KEPUASAN MEREK TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK TABUNGAN BRITAMA (Studi Pada Nasabah BRI Britama Kalangan Mahasiswa Prodi S1 Manajemen Angkatan 2015-2017 Universitas Negeri Malang)

ANNISA PUSPITASARI

Abstrak


Britama adalah produk tabungan dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. yang termasuk produk terfavorit di Indonesia karena tersedia di seluruh Indonesia. Namun ada beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi persepsi nilai produk dan kepuasan merek, salah satunya yaitu seperti pada berita dana nasabah menghilang. Sehigga masalah yang bisa terjadi pada BRI, jika tidak memperhatikan persepsi nilai produk (perceived product value) dan kepuasan merek dari nasabah, maka akan menjadi masalah menurunnya tingkat kepercayaan merek nasabah Britamanya. Dari tersebut, dilakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar persepsi nilai produk (perceived product value) terhadap kepercayaaan merek dan kepuasan merek terhadap kepercayaan merek.

Populasi penelitian ini adalah nasabah yang ada di kalangan mahasiswa dan mahasiswi S1 Manajemen angkatan 2015 s.d. 2017 UniversitasNegeri Malang sebanyak 136 mahasiswa, sedangkan sampelnya sebanyak 100 orang dengan metode proportionate random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan explanatory research. Metode analisis data menggunakanAnalisisJalur (Path). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan penyebaran kuisioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa

(1) perceived product value mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek Tabungan Britama. Pada

(2) kepuasan merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek Tabungan Britama.

 

Saran bagi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Dari penilaian beberapa item seperti bank BRI lebih bernilai daripada bank lain, rasa dari pengalaman kepuasan nasabah, nasabah mengandalkan Britama perlu ditingkatkan. Lalu kekhawatiran nasabah tentang permasalahan kehilangan dana tabungan perlu diselesaikan dan diklarifikasi, agar tidak mengurangi kepercayaan dari nasabah terhadap PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Bagi penelitian kedepannya, jumlah responden bias diperluas pada jurusan, fakultas, atau universitas lain. Selain jumlah responden, bias juga diperluas dengan indikator lain untuk diterapkan pada penelitian ini dengan melihat sumber yang berbeda-beda.