SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi DU/DI terhadap Hasil Praktik Kerja Industri Siswa Adminitrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang.

Intan Indah Sari

Abstrak


Kata Kunci: Persepsi DU/DI, Prakerin, Administrasi Perkantoran

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan tempat dimana siswa menempuh pendidikan tidak hanya dengan mengandalkan pengetahuan, namun memiliki keterampilan lebih, sehingga sekolah menerapkan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Dalam program PSG, sekolah memberikan pengalaman kepada siswa berupa praktik langsung ke dunia industri atau dunia usaha yang disebut Prakerin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi DU/DI terhadap Hasil Praktik Kerja Industri Siswa Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil mengenai pelaksanaan praktik kerja industri siswa. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi dengan angket tertutup dan terbuka, wawancara, pengamatan peneliti. Pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Berdasarkan analisis deskriptif, persepsi DU/DI terhadap hasil praktik kerja siswa mendapatkan kategori baik. Namun, setiap fakultas memiliki hasil yang berbeda karena adanya faktor internal dan faktor eksternal. Siswa dianggap mampu melaksakan tugasnya dengan baik, namun siswa masih dianggap kurang dalam penilaian kemauan dan motivasi yang dimiliki siswa. Dalam penilaian kompetensi siswa dinyatakan cukup baik. Siswa memiliki kompetensi profesional yang baik, kompetensi kepribadian yang baik walaupun siswa terkadang masih harus diingatkan.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi DU/DI terhadap hasil praktek kerja siswa dinyatakan baik dan kompetensi siswa dinyatakan cukup baik. Namun, masih ada yang harus diperbaiki oleh pihak sekolah terkait kemauan dan motivasi yang dimiliki siswa, agar selanjutnya siswa memiliki kemauan kerja dan motivasi yang tinggi untuk bekerja.

Saran yang dapat diberikan

1) Bagi sekolah SMK PGRI 2 Malang untuk lebih meningkatkan bimbingannya kepada siswa agar motivasi dan kemajuan kerja siswa lebih baik dari tahun ini.

2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian selanjutnya yaitu tentang pengaruh lamanya prakerin terhadap kesiapan siswa memasuki DU/DI.

3) Bagi siswa SMK PGRI 2 Malang diharapkan lebih serius dalam melaksakan prakerin.

 

4) Bagi pihak DU/DI diharapkan selalu memberi arahan kepada siswa agar siswa mampu mengoptimalkan kompetensi yang dimiliki dalam melaksanakan prakaerin serta memberikan pengalaman yang cukup untuk siswa.