SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Desain Interior Terhadap Retensi Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Bureau Coffee And Dine Malang

Siwi Aulia Meggita Mawang

Abstrak


ABSTRAK

Siwi, Aulia Meggita Mawang. 2019. Pengaruh Desain Interior Terhadap Retensi Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Bureau Coffee And Dine Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Rachmad Hidayat, S.Pd, M.Pd.,

 

Kata Kunci: Desain Interior, Retensi Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Bidang bisnis saat ini telah berkembang yang dikelola dengan cara memiliki ciri khas dan mengikuti tren kebudayaan saat ini sehingga menjadi bisnis yang kreatif, inovatif, dinamis, dan kompetitif. Tren pasar menjadi peluang keberhasilan dalam berbisnis pada jenis bisnis yang menjadi tren saat ini. Dengan berkembangnya tren pasar yang memunculkan inovasi dan kreativitas suatu usaha menuntut berbagai macam bidang bisnis mampu bersaing dengan bidang bisnis lainnya menggunakan berbagai cara agar mendapatkan pelanggan dan mepertahankan pelanggan.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui deskripsi tentang desain interior, retensi pelanggan, dan kepuasan pada pelanggan Bureau Coffee and Dine Malang. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh Desain Interior dan Retensi Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bureau Coffee and Dine Malang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah desain interior (X) yang memiliki indikator terdiri dari facility aesthetic, lighting, ambience, dan layout. Variabel terikat pada penelitian ini adalah retensi pelanggan (Y) yang memiliki indikator terdiri dari repurchase intention dan word of mouth. Sedangkan variabel mediasi pada penelitian ini adalah kepuasan pelanggan (Z) yang memiliki indikator terdiri dari kepuasan pada desain interior dan kepuasan pada suasana kafe.

Jenis penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data berupa analisis jalur (path analysis). Populasi pada penelitian ini adalah mengunjungi sebanyak lebih dari 2 kali dan menyukai desain interior dekorasi scan dinavian pada Bureau Coffee and Dine Malang. Teknik sampling yang digunakan penelitian ini adalah purporsive sampling yaitu teknik pengambilan sampel pada sumber data dengan pertimbangan tertentu. Responden penelitian ini berjumlah 121 orang dari pelanggan Bureau Coffee and Dine Malang.

Hasil menunjukkan bahwa:

(1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara desain interior terhadap kepuasan pelanggan,

(2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap retensi pelanggan,

(3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara desain interior terhadap retensi pelanggan dan

(4) Kepuasan Pelanggan memediasi hubungan antara Desain Interior dan Retensi Pelanggan.

Saran bagi pihak Bureau Coffee and Dine Malang yaitu penataan kembali bagian ruangan dalam pada Bureau Coffee and Dine Malang, mempertahankan kepuasan pelanggan pada kafe Bureau Coffee and Dine Malang dengan terus berinovasi agar kafe tersebut tidak ketinggalan dengan kafe lainnya untuk tetap sebagai kafe favorit pengunjung dan menjadi tren kafe yang popular saat ini, dan Bureau Coffee and Dine Malang diharapkan lebih memperhatikan kompetitor-kompetitornya agar kafe tersebut tau sampai sejauh mana Bureau Coffee and Dine Malang bersaing di bidang bisnis kafe saat ini. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti lebih lanjut untuk menyempurnakan penelitian ini dengan obyek penelitian yang sama dan menambah variabel pada penelitian selanjutnya.

 

ABSTRACT

Siwi, Aulia Meggita Mawang. 2019. The Effect of Interior Design on Customer Retention Through Customer Satisfaction Bureau Coffee and Dine Malang. Sarjana’sThesis,Departement of Management, Faculty of Economics, UniversitasNegeri Malang.Advisor: Rachmad Hidayat, S.Pd, M.Pd.,

 

Keyword: Interior Design, Customer Retention, Customer Satisfaction

Business field has been developed which are managed by having distinctive characteristics and following current cultural trends so that it becomes a creative, innovative, dynamic and competitive business. Market trends become opportunities for success doing business in the type of business that is becoming the current trend. With the development of market trends that lead to innovation and creativity an effort requires various types of business fields to be able to compete with other business fields using various ways to get customers and retain customers.

The purpose of this study to determine the description of the interior design, customer retention, and customer satisfaction in Bureau Coffee and Dine Malang. Furthermore, to determine the effect of interior design and Customer rentetion on customer satisfaction Bureau Coffee and Dine Malang. The independent variable in this study is the interior design (X) which has an indicator consisting of aesthetic facility, lighting, ambience and layout. The dependent variable in this study is a customer retention (Y) which has an indicator consisting of repurchase intention and word of mouth. While mediating variables in this study is customer satisfaction (Z) which has an indicator consisting of satisfaction on the interior design and satisfaction in a café atmosphere.

This type of research is used with a quantitative approach. Data analysis in the form of path analysis (path analysis). The population in this study was to visit more than 2 times and liked the interior design of scandinavian decorations at the Bureau of Coffee and Dine Malang. The sampling technique used in this study is purporsive sampling, which is a technique of sampling data sources with certain considerations. The respondents of this study were 121 people from the Bureau of Coffee and Dine Malang customers.

The results showed that:

(1) there positive and significant influence between the interior design on customer satisfaction,

(2) there is positive and significant correlation between customer satisfaction on customer retention,

(3) there is positive and significant correlation between the interior design on customer retention and

(4) Customer satisfaction mediates between interior design and customer retention.

 

Suggestions for the Bureau of Coffee and Dine Malang is rearrangement of the inner room at the Bureau Coffee and Dine Malang, maintaining customer satisfaction at the Bureau Coffee and Dine Malang by continuing to innovate so that the cafe be left behind of cafe to remain as the visitor's favorite cafe and become a trend cafe, and the BureauCoffee and Dine of Malang are expected to pay more attention to their competitors so that the cafe know to what extent the Bureau Coffee and Dine Malang will be contend in the current cafe business. For further researchers who are interested in researching further to perfect this research with the same research object and add variables to the next study.