SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Smartphone Xiaomi melalui Kepercayaan Merek

Fauzi Afrizal Ahmad

Abstrak


ABSTRAK

Fauzi, Afrizal Ahmad.2019. Pengaruh Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Kepercayaan Merek  Smartphone Xiaomi(Studi pada Mahasiswa Manajemen angkatan 2016 dan 2015 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. I Wayan Adi Putra, M.Si

 

Kata Kunci : citra merek, kepercayaan merek, kepuasan pelanggan

Pesatnya perkembangan di bidang teknologi menuntut perusahaan untuk berkembang di bidang bisnis yang bergerak di bidang teknologi. Perusahaan terus berlomba-lomba untuk menciptakan produknya sesuai dengan kebutuhan konsumen dan dapat bersaing dengan produk lainnya. Persaingan perusahaan di bidang teknologi yang semakin ketat menjadikan perusahaan untuk mempertahankan perusahan dengan memunehui keinginan pelanggan sehingga kepuasan pelanggan dapat tercapai. Kepuasan pelanggan akan tercapai jika citra merek dari perusahaan baik di mata pelanggan dan juga pelanggan dapat percaya terhadap merek dari suatu pelanggan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Kondisi citra merek, kepercayaan merek dan juga kepuasan pelanggan,

(2) Pengaruh langsung citra merek terhadap kepercayaan merek,

(3) Pengaruh langsung citra merek terhadap kepuasan pelanggan Smartphone Xiaomi,

(4) Pengaruh langsung kepercayaan merek melalui kepuasan pelanggan,

(5) Pengaruh citra merek secara tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan melalui kepercayaan merek smartphone xiaomi

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan penelitian penjelasan. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Manajemen angkatan 2015 dan 2016 Fakultas Ekonommi Universitas Negeri Malang. Sampel di peroleh dengan teknik perhitungan solvin, dan diperoleh sampel sebanyak 116 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik systematic random sampling. Jenis skala pengukuran dalam peneitian ini adalah skala ordinal yang di tingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (methode of Successive Interval). Pengolahan data penelitian ini menggunakan analisis jaur dengan program SPSS 24.

Hasil dari penelitian ini adalah :

(1) kondisi citra merek, kepercayaan merek dan kepuasan pelanggan Smartphone Xiaomi dalam katagori baik,

(2) citra merek berpengaruh langsung langsung positif signifikan terhadap kepercayaan merek,

(3) Citra merek berpengaruh langsung positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan,

(4) Kepercayaan merek berpengaruh langsung positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan,

 

(5) Citra mere berpengaruh positif signifikan secara tidak langsung terhadap kepuasan pelanggan melalui kepercayaan merek