SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Program Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan

Hidayati Husnul

Abstrak


RINGKASAN

Hidayati, H. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Program Adobe Flash Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Rachmad Hidayat, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, android, adobe flash

Media pembelajaran adalah alat berupa fisik yang menyampaikan informasi terdiri dari beberapa macam media seperti teks, gambar, audio, animasi dan video yang dioperasikan oleh pengguna sehingga terjadi interaksi dua arah dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru mata pelajaran Marketing diperoleh informasi bahwa belum ada penggunaan media pembelajaran berbasis android dalam kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan powerpoint, buku, modul, internet serta media papan tulis dalam penyampaian materi pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis android dengan program adobe flash yang dapat diakses pada smartphone/tablet yang berbasis android, untuk mengetahui kelayakan produk dan respon peserta didik. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah metode Borg&Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi Penelitian dan pengumpulan data, pengembangan draf produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk terbatas, penyempurnaan produk, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir dan produk akhir.

Media ini divalidasi oleh ahli media dari dosen, ahli materi dari dosen dan guru, uji coba produk terbatas, uji pelaksanaan lapangan. Hasil yang diperoleh dari validasi tersebut, yaitu diperoleh hasil 96,92% untuk ahli media dari Dosen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang yang keduanya memperoleh kriteria sangat valid. Hasil sebesar 91,33% untuk ahli materi dari Dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan ahli materi dari Guru atau Kaprodi Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan yang keduanya memperoleh kriteria sangat valid. Hasil sebesar 90,67% untuk uji coba lapangan terbatas yang memperoleh kriteria sangat menarik. Hasil sebesar 92,92% untuk uji pelaksanaan lapangan yang memperoleh kriteria sangat menarik.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut kelayakan media pembelajaran sangat valid menurut para ahli begitu juga dengan respon peserta didik terhadap media pembelajaran sangat antusias dan mendapatkan hasil kriteria sangat menarik maka media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran berbasis android dengan program adobe flash pada mata pelajaran Marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan.

Saran penggunaan media pembelajaran adalah:

(1) guru diharapkan dapat membuat suasana belajar pada mata pelajaran Marketing menarik dan menyenangkan sehingga peserta didik tidak merasa bahwa Marketing adalah mata pelajaran yang membosankan

(2) media pembelajaran hanya bisa dijalankan menggunakan smartphone/tablet berbasis android

 

(3) kegiatan pembelajaran di kelas menggunakan aplikasi android melalui smartphone dipastikan peserta didik tidak mengaktifkan jaringan internet. Produk media pembelajaran berbasis android dapat dilakukan penyebarluasan dengan membagikan aplikasi media android pada smartphone melalui share it, Bluetooth dan WhatApps.