SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Module Berbasis 3D Page Flip Professional Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Kompetensi Dasar Memahami Bisnis Ritel (Studi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Blitar)

Hartini Lilik

Abstrak


RINGKASAN

Hartini, L. 2019. Pengembangan E-Module Berbasis 3D Page Flip Professional Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Kompetensi Dasar Memahami Bisnis Ritel (Studi Pada Siswa Kelas XI Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Blitar). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing:Dr. Djoko Dwi Kusumojanto., M.Si

 

Kata kunci: e-module, 3d page flip professional, engelolaan bisnis ritel.

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin pesat, mengharuskan guru berinovasi dan kreatif dalam membuat bahan ajar yang memanfaatkan perkembangan teknologi, mudah dipahami siswa, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri atau dengan bantuan yang minim dari guru dengan cara membuat E-Module. E-Moduledapat memuat teks, gambar, video, kuis online sehingga pembelajaran akan lebih menarik, dan inovatif. Pengembangan E-Module berbasis 3D Page Flip Professional ini bertujuan untuk:

(1) menghasilkan E-ModulePengelolaan Bisnis RitelKompetensi Dasar Memahami Bisnis Ritel kelas XI SMK JurusanBisnis Daring dan Pemasarandan menguji kelayakan E-Module berdasarkan hasil validasi dari validator ahli materi dan validator ahli media,

(2) mengetahui tanggapan dari pengguna terkait penggunaan E-Module melalui uji coba produk.

Pengembangan E-Module ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (Borg & Gall(1983:775) Peneliti menggunakan 9 langkah, adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah:

(1) penelitian dan pengumpulan informasi,

(2) perencanaan,

(3) pengembangan produk,

(4) validasi ahli,

(5) revisi produk I

(6) uji coba lapangan kelompok kecil,

(7) revisi produk II

(8) uji coba lapangan kelompok besar,

(9) revisi produk III.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

(1) hasil validasi ahli media sebesar 98,75%, dengan kriteria sangat valid,

(2) rata-rata hasil validasi ahli materi 98,75% dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan tersebut dinyatakan bahwa E-Module berbasis 3D Page Flip Professional layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Kompetensi Dasar Memahami Bisnis Ritel.

(3) Hasil uji coba lapangan kelompok kecil sebesar 89,62% dengan kriteria sangat valid dan hasil uji coba lapangan kelompok besar sebesar 92,72% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa respon siswa terhadap penggunaan E-Module berbasis 3D Page Flip Professional pada mata pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel sangat valid.

Saran pemanfaatan produk adalah

(1) memahami buku petunjuk penggunaan,

(2) menggunakan produk sebagai sumber belajar dimana saja,

(3) menggunakan aplikasi yang mendukung untuk membuka E-Module.

Saran diseminasi adalah

(1) disebarluaskan melalui soft file,

(2) mengupload melalui web sekolah,

(3) disebarluaskan kepada guru pemasaran melalui MGMP.

Saran pengembangan E-Module berbasis 3D Page Flip Professional adalah:

(1) materi dapat dikembangkan sesuai perkembangan zaman,

(2) penambahan video, gambar, audio, evaluasi dapat ditambahkan di dalam E-Module untuk meningkatkan minat siswa untuk belajar,

 

(3) penambahan menu yang ada dalam E-Module.