SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Marketing Jurusan Pemasaran (Studi Pada Siswa Kelas X Pemasaran 3 di SMK Islam Batu)

Tsanny Andriyan Fahruts

Abstrak


RINGKASAN

Tsanny, A.F. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Marketing Jurusan Pemasaran SMK Islam Batu. Sekripsi. Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Rachmad Hidayat, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, mobile learning, android

Media pembelajaran merupakan cara guru agar dapat memberikan informasi secara tuntas dan tanpa khawatir mengenai keterbatasan waktu adalah menggunakan media pembelajaran. media pembelajaran juga berperan untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahamannya terhadap suatu objek, memudahkan penafsiran, dan memperingkas informasi. Media pembelajaran berfungsi untuk membantu siswa yang lemah dalam memahami isi materi dalam pembelajaran yang dijadikan melalui teks atau disampaikan secara verbal. Kini dalam bidang pendidikan, media pembelajaran memanfaatkan teknologi yang sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari hari. Salah satunya mengunakan smartphone atau juga disebut mobile learning (m-learning). Media yang dipilih berbentuk aplikasi yang dapat diinstal pada smatrphone android yang berisi materi dan dapat dijadikan sebagai media dan sumber belajar pada siswa. Media pembelajan ini disusun dengan bantuan shofware Android Studio. Media pembelajaran mobile learning nantinya akan mampu menunjang kegiatan pembelajaran.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut:

(1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis android yang dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar,

(2) Mengetahui kelayakan penggunaan media yang telah dibuat peneliti dan diterapkan pada siswa kelas X SMK Islam Batu,

(3) Mengetahui respon siswa pada media pembelajaran yang dikembangkan oleh penelitian.

Penelitian dan pengambangan ini mengunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Brog & Gall (1983), yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian, kondisi lapangan, keterbatasan waktu, dan biaya. Sehingga langkah-langkah yang digunakan disederhanakan menjadi 9 langkah yang meliputi

(1) pengumpulan informasi potensi masalah;

(2) pengumpulan data;

(3) desain produk;

(4) validasi desain;

(5) revisi desain;

(6) uji coba produk;

(7) revisi produk;

(8) uji coba pemakaian

(9) produk jadi.

Uji coba produk dilakukan pada kelas kecil sejumlah 9 siswa pada kelas X Pemasaran 1 SMK Islam Batu. Sedangkan untuk uji pemakaian dilakukan pada kelas X Pemasaran 3 SMK Islam Batu degan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh hasil validasi oleh ahli media sebesar 96,25% dan pada ahli materi sebesar 92,62%. Sedangkan untuk uji kelas kecil sebesar 90,5% dan untuk uji pemakaian sebesar 83,36%. Sehingga dapat dikatakan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti sudah layak digunakan dan diterapkan pada pembelajaran tanpa harus melalui tahap perbaikan. Respon siswa terhadap media sangat positif, siswa sangat menyukai media yang dibuat peneliti. Menurut siswa media yang dibuat sangat menarik dan mudah dipahami siswa.

Media ini memiliki saran pemanfaatan yang dapat digunakan oleh guru yaitu.

(1) Guru perlu melakukan memberikan tambahan referensi agar siswa dapat memperluas  pengetahuannya dan tidak sebatas materi yang terdapat  dalam media pembelajaran saja.

(2) Siswa perlu untuk memperkaya pemahamannya pada materi yang sama dari sumber belajar yang lain untuk memperkuat pemahaman, menambah referensi, dan mempermudah siswa dalam mengerjakan latihan soal yang terdapat dalam media pembelajaran.

(3) Penggunaan media pembelajaran ini disarankan agar membaca buku petunjuk terlebih dahulu agar memudahkan pada saat mengoperasikan media pembelajaran mobile learning berbasis android.

(4) Gunakan jaringan internet untuk memudahkan komunikasi dengan alamat e-mail atau contact person yang tertera dalam media, bila ada kesulitan memahami materi atau ada hal yang ingin ditanyakan.

Saran peneliti untuk pengembangan media pembelajaran lebih lanjut adalah sebagai berikut.

(1) Media pembelajaran mobile learning ini disarankan untuk dapat digunakan pada seluruh jenis smartphone, tidak terbatas hanya pada android dan iphone, namun juga smartphone jenis lain seperti Nokia.

(2) Komponen pendukung materi pembelajaran seperti gambar dan video dapat ditambahkan menjadi lebih banyak, agar lebih menarik minat siswa dalam proses pembelajaran.

 

(3) Langkah akhir penelitian ini hanya sampai pada pengujian kelayakan media pembelajaran, maka dari itu disarankan untuk melakukan uji keefektifan produk dengan cara membandingkan penelitian dan pengembangan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen di beberapa kelas, serta lebih baik jika penelitian selanjutnya dapat mencakup keseluruhan materi dan kompetensi dasar yang lain.