SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Administrasi UmumBerbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada MateriMenerapkan Tata Ruang Kerja/Kantor(Studi Pada Siswa Kelas X AdministrasiPerkantoran Di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen).

Sandria Ryan

Abstrak


ABSTRAK

Sandria, Ryan. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Umum Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menerapkan Tata Ruang Kerja/Kantor (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.

 

Kata Kunci: Modul, Guided Inquiry, Administrasi Umum, Tata Ruang Kerja/Kantor.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan rancangan model Dick and Carey yang diadaptasi dari Trianto melalui delapan langkah penelitian, yaitu identifikasi tujuan, melakukan analisis pembelajaran, mengidentifikasi tingkah laku awal/karakteristik siswa, merumuskan tujuan kinerja, pengembangan tes acuan patokan, pengembangan strategi pengajaran, pengembangan atau memilih perangkat pengajaran, merancang dan melaksanakan tes formatif. Modul ini divalidasi oleh 2 orang dosen Universitas Negeri Malang, 1 orang guru mata pelajaran Administrasi Umum SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, dan 10 orang peserta didik kelas X Otomatosasi Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

Produk yang dikembangkan adalah bahan ajar berupa modul Administrasi Umum dengan materi tata ruang kerja/kantor dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry. Kompetensi dasar yang dikembangkan oleh peneliti adalah KD 3.9 menerapkan tata ruang kerja/kantor dan 4.9 melakukan penataan ruang kerja/kantor.

Analisis Data pada penelitian ini meliputi empat aspek,

(1) aspek kelayakan isi,

(2) aspek kelayakan penyajian,

(3) aspek kelayakan Bahasa,

(4) aspek kelayakan kegrafikan dan ditambahkan aspek keefektifan penggunaan modul pada validasi ahli materi.

Berdasarkan penilaian dari validator ahli modul, ahli materi, dan peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 90,5% yang berarti modul yang dikembangkan oleh peneliti masuk dalam kategori sangat valid dan layak untuk digunakan.

 

Saran pemanfaatan pada penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu saran pemanfaatan bagi peserta didik agar mempelajari materi terlebih dahulu dikarenakan saat proses pembalajaran guru hanya membantu dalam proses pembentukan konsep peserta didik, dan saran pemanfaatan bagi guru agar menggunakan modul peserta didik dan modul pegangan guru yang didalam nya terdapat kunci jawaban dari soal-soal yang terdapat pada modul peserta didik. Pengembangan produk lebih lanjut pada pengembangan modul ini adalah perlu adanya penambahan materi karena materi masih terbatas pada materi administrasi umum dan melakukan penelitian tindakan kelas untuk menguji penelitian penggunaan modul  pembelajaran berbasis guided inquiry.