SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Android pada Mata Pelajaran Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 2 Kediri)

Khoiri Sulton

Abstrak


ABSTRAK

Khoiri, S.2018. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Android pada Mata Pelajaran Sarana dan Prasarana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Sarana dan Prasarana, Hasil Belajar

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh pada perkembangan ilmu pengetahuan. Media pembelajaran audio visual berbasis android merupakan salah satu media yang dikembangkan untuk dijadikan sebagai alternative siswa mampu belajar secara mandiri. Hasil observasi di SMK Negeri 2 Kediri menunjukan permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam belajar yang cenderung masih menggunakan metode yang konvensional tanpa menggunakan media pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa kurang tertarik dan merasa bosan ketika proses pembelajaran berlangsung. Untuk menumbuhkan ketertarikan siswa dalam belajar dibutuhkan sebuah media yang dapat menarik minat dan motivasi belajar siswa.

Media pembelajaran audio visual berbasis android pada mata pelajaran sarana dan prasarana ini cocok diterapkan di SMK Negeri 2 Kediri karena proses pembelajaran pada mata pelajaran tersebut masih menggunakan metode konvensional tanpa menggunakan media pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah

(1) Menghasilkan produk media pembelajaran audio visual berbasis android pada Mata Pelajaran Sarana dan Prasarana pada siswa kelas XI program keahlian Otomatisasi TataKelola Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri yang dilengkapi dengan petunjuk penggunaan, KI dan KD, materi, video, soal latihan, dan profil pengembang,

(2) Mengetahui tingkat kelayakan produk media pembelajaran audio visual  berbasis android pada Mata Pelajaran Sarana dan Prasarana pada siswa kelas XI program keahlian Otomatisasi TataKelola Perkantoran SMK Negeri 2 Kediri melalui validasi para ahli,

(3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan media berbasis android (kelas eksperimen) dengan kelas yang tidak menggunakan media android (kelas kontrol) pada mata pelajaran sarana dan prasarana.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti dan disesuaikan dengan keadaan lapangan, keterbatasan waktu, tenaga, serta biaya. Media yang dikembangakan divalidasi oleh 1 (satu) ahli media dan 1 (satu) ahli materi.

Subjek penelitian ini yaitu

(1) subjek uji coba kelompok kecil sejumlah 6 (enam) peserta didik kelas XI OTKP 2,

(2) Subjek uji coba kelompok besar terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI OTKP 1 sebanyak 35 siswa  sebagai kelas kontrol dan seluruh peserta didik kelas XI OTKP 2 sebanyak 35 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara , angket dan tes.

Temuan hasil penelitian, menghasilkan media pembelajaran audio visual berbasis android dengan kelayakan media pembelajaran mencapai presentase 96,87 % oleh ahli media, mencapai presentase 94,40 % oleh ahli materi, dan setelah dilakukan uji coba kelompok kecil diperoleh presentase sebesar 86,1 %. Selain itu terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata hasil belajar posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 79,29 dan 74,71 dengan selisih 4,58. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis android layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

Saran pemanfaatan bagi guru, agar guru menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis android di kelas. Sedangkan saran pemanfaatan bagi peserta didik , agar peserta didik menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis android sebagai sumber belajar mandiri yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun.