SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh KepuasanTerhadap Word of Mouth melaluiKepercayaan PadaProdukKamera DSLR Canon (Studi pada KomunitasInstanusantara Malang)

Nurhuda Apriliyanto

Abstrak


ABSTRAK

Nurhuda, Apriliyanto, 2019. Pengaruh Kepuasan Terhadap Word of Mouth melalui Kepercayaan Pada Produk Kamera DSLR Canon (Studi pada Komunitas Instanusantara Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. I Wayan Jaman Adi Putra, M. Si.

 

Kata Kunci: kepuasan, word of mouth, kepercayaan, canon

Dengan berkembangnya teknologi dan semakin ketatnya persaingan bisnis yang dihadapi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang sama menuntut adanya kejelian dari produsen agar produknya menjadi pilihan dalam beberapa aktifitas yang sedang dilakukan oleh pelanggan. Tuntutan akan produk yang beragam sekaligus berkembang menjadikan banyaknya produk – produk yang dibutuhkan oleh pelanggan. Pelanggan menjadi awas dan selektif dalam menentukan pilihan, dan produk apa yang hendak di konsumsi atau digunakan.Canon merupakan salah satuprodusenkamera DSLR yang besar dan cukupdikenal di ranahfotografer professional maupun amatir. Sebelum melakukan pembelian seringkali konsumen akan mencari informasi tentang kamera DSLR yang mau di beli. Dan untuk memperoleh kepercayaan juga harus ada kepuasan terhadap produk itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:

(1) Besarnya pengaruh langsung kepuasan terhadap kepercayaan pelanggan,

(2) Besarnya pengaruh langsung kepuasan terhadap Word of Mouth, dan

(3) Besarnya pengaruh tidak langsung kepuasan terhadap Word of Mouth melalui kepercayaan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas Instanusantara Malang sebanyak 80 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu Teknik Probability dengan cara Simple Random Sampling. Jenis skala pengukuran dalam penelitian ini adalah skala ordinal yang ditingkatkan menjadi skala interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur.

Temuan penelitian ini adalah:

(1) Kondisi kepuasan, Kepercayaan pelanggan dan Word of Mouth produk kamera DSLR Canon dalam kategori baik,

(2) Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung tehadap kepercayaan,

(3) Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Word of Mouth,

(4) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap Word of Mouth,

 

(5) Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap Word of Mouth melalui Kepercayaan.