SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Praktikum Mata Kuliah Teknologi Perkantoran untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Sanjaya Agustino Febbi Adi

Abstrak


RINGKASAN

Sanjaya, Agustino Febbi Adi. 2019. Pengembangan Modul Praktikum Mata Kuliah Teknologi Perkantoran untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M.

 

Kata kunci: Pengembangan, Modul Praktikum, Matakuliah Teknologi Perkantoran

Sesuai hasil wawancara dengan dosen Matakuliah Teknologi Perkantoran diperoleh informasi bahwa bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kurang memadai, sehingga hal ini mengakibatkan kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Modul teknologi perkantoran yang digunakan selama ini setengah jadi dan belum sempurna dan mengakibatkan kegiatan perkuliahan menjadi tidak efisien dan eketif sehingga perlu dilakukannya penyempurnaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul teknologi perkantoran yang layak dari segi isi dan tampilan serta mengetahui kelayakan modul melalui validasi ahli materi dan modul juga uji coba pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model pengembangan oleh Dick & Carey yaitu:

(1) Analisis kebutuhan dan tujuan,

(2) Analisis pembelajaran,

(3) Analisis pembelajar dan konteks,

(4) Tujuan umum dan tujuan khusus,

(5) Mengembangkan instrumen,

(6) Mengembangkan strategi pembelajaran,

(7) Mengembangkan dan memilih bahan ajar,

(8) Merancang dan melakukan evaluasi,

(9) Melakukan revisi,

(10) evaluasi sumatif.

Pengembangan modul praktikum ini hanya sampai pada tahap kesembilan. Produk hasil pengembangan ini divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli modul, subjek uji coba terbatas terdiri dari 6 mahasiswa PADP, dan 37 mahasiswa semester 6 Prodi PADP sebagai validasi pengguna (mahasiswa). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan data kulitatif berupa kritik dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa Modul Praktikum Teknologi Perkantoran untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang dikemas dalam bentuk cetak. Hasil validasi ahli materi modul praktikum diperoleh kriteria “sangat valid”. Sedangkan hasil validasi ahli modul diperoleh kriteria “sangat valid”. Hasil uji coba terbatas dan uji coba pengguna (mahasiswa) diperoleh kriteria “sangat valid”.

 

Saran pemanfaatan produk yang dikembangkan berupa modul praktikum matakuliah teknologi perkantoran ini dapat digunakan oleh dosen untuk mengajar dan dapat digunakan mahasiswa untuk kegiatan perkuliahan ataupun belajar secara mandiri.