SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Multiarah Berbasis Kurikulum 2013 (Studi pada Kelas X Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan)

Arini Mufida Nur

Abstrak


RINGKASAN

Arini, M.N. 2019. Pembelajaran Multiarah Berbasis Kurikulum 2013 (Studi pada Kelas X Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sutrisno, M.M.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Multiarah, Kurikulum 2013

Terjadi perubahan pola pembelajaran dalam Kurikulum 2013 yaitu pembelajaran satu arah menjadi pembelajaran interaktif. Pola yang diamanatkan dalam Kurikulum 2013 dalam pelaksanaannya masih terdapat permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran multi arah berbasis Kurikulum 2013 Kelas X Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan utama dalam penelitian ini terdiri dari 3 guru matapelajaran produktif Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru matapelajaran produktif Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Pasuruan sudah menerapkan pembelajaran multi arah terbukti bahwa, Kegiatan Membuka Pelajaran dalam bentuk pembelajaran multi arah yang diterapkan oleh guru terwujud dalam proses pembelajaran ketika guru telah mengaitkan materi sebelumnya dengan yang akan dipelajari melalui pemberian contoh pada keadaan yang sesungguhnya atau yang ada di lingkup sekitar mereka serta meminta peserta didik untuk mengemukakan pengalamannya yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas.Kegiatan inti pelajaran dalam bentuk pembelajaran multi arah yang diterapkan oleh guru terwujud ketika

1) guru menggunakan model pembelajaran serta memberi pembelajaran kelompok dan presentasi sehingga dapat menumbuhkan kerjasama yang baik antar peserta didik.

2) guru mendorong peserta didik aktif berinteraksi dengan meminta setiap kelompok untuk mengemukakan pendapatnya dan setiap anggota kelompok diharapkan dapat memahami atau menguasai topik melalui pembagian job sheet.

3) pada tanya jawab, guru mendorong peserta didik aktif berinteraksi dengan menanyakan seputar materi yang telah disampaikan. Apabila peserta didik pasif, guru bertanya dengan menunjuk peserta didik.

 

4) Guru juga memberi kesempatan untuk bertanya, menjawab, maupun mengemukakan gagasan tidak hanya kepada satu peserta didik melainkan seluruh peserta didik. Kegiatan menutup pelajaran dalam bentuk pembelajaran multi arah yang diterapkan adalah guru meminta peserta didik untuk menyimpulkan hasil dari yang sudah didiskusikan bersama atau pokok-pokok pikiran yang telah dibahas.