SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediator (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Listing di BEI periode tahun 2012-2017)

NADHIROH RIZQI

Abstrak


ABSTRAK

Nadhiroh, Rizqi. 2019. Pengaruh Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Mediator. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Ely Siswanto, S.Sos., M.M.

 

Kata Kunci: leverage, profitabilitas, nilai perusahaan, tobin’s q, path analysis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan pengaruh DER, ROE, dan Nilai Perusahaan pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang listing di BEI periode tahun 2012-2017. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan rasio tobin’q. Sampel penelitian adalah 27 perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang listing di BEI periode tahun tahun 2012-2017. Pada penelitian ini uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinieritas. Uji asumsi klasik digunakan sebagai persyaratan yang harus dipenuhi, kemudian melakukan pengujian path analysis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa DER berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, DER berpengaruh negatif signifikan terhadap ROE, ROE berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan ROE mampu memediasi pengaruh DER terhadap nilai perusahaan.

Saran yang dapat diberikan peneliti meliputi

(1) bagi perusahaan agar lebih berhati-hati dalam peengolahan leverage, sehingga penggunaan leverage akan berdampak positif bagi profitabilitas dan nilai perusahaan.

(2) bagi investor agar dapat membantu dalam pengambilan keputusan investasi.

(3) bagi peneliti salanjutnya agar menambah periode pengamatan dan objek penelitian lain.