SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017).

Tamrin Husnul Oktaviani

Abstrak


ABSTRAK

Tamrin, H.O. 2019. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ely Siswanto, S.Sos., M.M

 

Kata Kunci: kinerja perusahaan, ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris, komisaris independen, kepemilikan manajerial.

Kinerja perusahaan adalah tingkat pencapaian hasil dalam rangka mewujudkan tujuan perusahaan. Pelaporan kinerja merupakan refleksi kewajiban untuk mempresentasikan dan melaporkan kinerja semua aktivitas dan sumber daya yang perlu dipertanggungjawabkan. Kinerja perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan sering dijadikan dasar untuk penilaian kinerja perusahaan.  Tata kelola perusahaan meliputi serangkaian hubungan antara manajemen perusahaan, dewan direksi, para pemegang saham dan stakeholders. Perspektif hubungan keagenan merupakan dasar yang digunakan untuk memahami tata kelola perusahaan. Dalam teori keagenan, hubungan agensi terjadi ketika satu orang atau lebih principal memperkerjakan orang lain agent untuk memberikan suatu jasa dan kemudian mendelegasikan wewenang pengambilan keputusan kepada agent.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kinerja perusahaan, kondisi ukuran dewan direksi, kondisi ukuran dewan komisaris, kondisi komisaris independen, kondisi kepemilikan manajerial, pengaruh ukuran dewan direksi terhadap kinerja perusahaan, pengaruh ukuran dewan komisaris terhadap kinerja perusahaan, pengaruh komisaris independen terhadap kinerja perusahaan, dan pengaruh kepemilikan manajerial terhadap kinerja perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat explanatory research. Variabel bebas yang digunakan adalah ukuran dewan direksi, ukuran dewan komisaris,  komisaris independen, dan kepemilikan manajerial, sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini adalah:

(1) Kondisi kinerja perusahaan mengalami trend menurun,

(2) Kondisi ukuran dewan direksi perusahaan mengalami trend sedikit naik,

(3) Kondisi ukuran dewan komisaris perusahaan mengalami trend naik,

(4) Kondisi komisaris independen perusahaan mengalami trend naik,

(5) Kondisi kepemilikan manajerial perusahaan mengalami trend turun,

(6) ukuran dewan direksi berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan,

(7) ukuran dewan komisaris berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan

(8) komisaris independen berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan,

 

(9) kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan.