SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTHTERHADAP MINAT BELI MELALUI BRAND IMAGE (StudiPadaCalonKonsumenfollowers AkunInstagram@Segosambelcakuut-Malang)

INDRIJANTI TIA

Abstrak


RINGKASAN

Indrijanti, Tia. 2019. Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Melalui Brand Image Pada Calon Konsumen Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Ludi Wishnu Wardana, S.T., S.Pd., S.E., M.M

Followers Akun Instagram@Segosambelcakuut–Malang.

 

Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Minat Beli, Brand Image.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, memberi kesempatan yang besar bagi konsumen sehingga dapat mengakses macam-macam informasi. Konsumen dapat terhubung dengan sumber informasi yang penting dalam proses pemenuhan kebutuhan. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat Malang yang menyukai pedas, kuliner @Segosambelcakuut membuka bisnisnya di kota dingin tersebut dan memasarkan melalui media instagram. Karena terkenal sebagai kota yang banyak mahasiswanya dan ingin memperkenalkan sambal khas dari Banyuwangi yang menjadi ciri khas dari kuliner tersebut, hal ini dijadikan perusahaan kuliner @Segosambelcakuut sebagai peluang bisnisnya dan sekarang banyak peminatnya. Adanya perkembangan teknologi mampu memudahkan bisnis kuliner untuk mempromosikan produknya tanpa biaya yang mahal dan memberikan kemudahan untuk semua orang mencari beragam informasi dalam waktu cepat. Informasi dari rek omendasi atau riview positif konsumen yang pernah membeli kuliner @Segosambelcakuut melalui internet seperti instagram, sangat membantu dalam menarik perhatian calon konsumen followers yang belum pernah membeli memiliki minat beli dan mempunyai persepsi ci tra merek perusahaan kuliner tersebut baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung mauppun tidak langsung variabel Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli Melalui Brand Image pada Calon Konsumen Followers Akun Instagram @Segosambelcakuut–Malang. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 138 responden. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan metode analisis jalur dengan IBM SPSS Statistics V16.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara electronic word of mouth terhadap brand image, brand image terhadap minat beli, electronic word of mouth terhadap minat beli, dan electronic word of mouth terhadap minat beli melalui brand image. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti adalah, meningkatkan minat beli calon konsumen dengan cara membangun brand image yang positif dibenak konsumen di media sosial.