SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XII DI SMK NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG (studi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung)

Ikfina Akmalia

Abstrak


Kurikulum merupakan salah satu pilar utama yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan nasional, Namun sejumlah studi menunjukkan bahwa Kurikulum KTSP yang berlaku sebelumnya kurang mampu mengakomodasi kebutuhan pembelajaran, sehingga perlu untuk disempurnakan lagi. Guna meningkatkan Kualitas Pendidikan, pemerintah menerapkan Kurikulum 2013 dengan tujuan membentuk peserta didik menjadi manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah; dan manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia,sehat,berilmu,cakap, kreatif, mandiri, dan warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Kurikulum 2013 adalah bentuk penyempurnaan dari Kurikulum KTSP dengan penekanannya pada integrasi pendidikan karakter kedalam semua mata pelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk:

(1) mengetahui Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran pada kelas XII di SMK Negeri 1 Boyolangu,

(2)mengetahui kesiapan guru dan sekolah dalam penerapan Kurikulum 2013,

(3) mengetahui penyusunan administrasi pembelajara sesuai K13 di SMK Negeri 1 Boyolangu,

(4) mengetahui proses pembelajaran sesuai K13 jurusan administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Boyolangu,

(5) mengetahui penilaian sesuai K13 jurusan administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Boyolangu,

(6) mengetahui sarana dan prasarana yang mendukung berjalannya K13 di SMK Negeri 1 Boyolangu, dan

 

(7) mengetahui hambatan dan pendukung penerapan K13 jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Boyolangu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif Kualitatif yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Boyolangu Kabupaten Tulungagung pada pembelajaraan mata pelajaran produktif semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sumber data diperoleh dari para informan  dan arsip dokumentasi. Teknik pengumpulan data, yaitu dengan observasi,wawancara,dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.