SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pembelajaran Kewirausahaan dan Praktek Kerja Industri dengan Minat Berwirausaha (Studi Siswa Kelas XII SMK Islam Batu)

MUHAMMAD ZAINAL ARIFIN

Abstrak


Angka Pengangguran masih tinggi di tingkat lulusan SMK di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya lulusan SMK yang ingin mencari pekerjaan bukan untuk menciptakan lapangan kerja. Oleh karena itu pengembangan kewirausahaan sangat penting bagi peserta didik. Minat berwirausaha dapat ditumbuhkan dengan pembelajaran kewirausahaan dan praktek kerja industri. Pembelajaran kewirausahaan berkaitan dengan proses belajar peserta didik dalam meningkatkan minat berwirausaha. Praktek kerja industri berhubungan dengan pengalaman serta terjun langsung di dunia usaha dan dunia industri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :

(1) deskripsi pembelajaran kewirausahaan;

(2) deskripsi praktek kerja industri;

(3) deskripsi minat berwirausaha;

(4) hubungan pembelajaran kewirausahaan dan praktek kerja industri dengan minat berwirausaha.

Penelitian ini menggunakan peneletian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dari penelitian in yaitu pembelajaran kewirausahaan dan praktek kerja industri, dengan variabel terikat yaitu minat berwirausaha (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Islam Batu. Sampel terdiri dari 132 siswa,

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) variabel pembelajaran kewirausahaan tergolong baik;

(2) variabel praktek kerja industri tergolong sangat baik;

(3) variabel minat berwirausaha tergolong baik;

(4) Ada hubungan pembelajaran dan praktek kerja industri dengan minat berwirausaha dari hasil Sig. F Change = 0,00 (p < 0,05),  nilai R = 0.445 makadapatdisimpulkanadahubungandengankategori “Sedang”.

Berdasarkanhasilpenelitian, penelitimenyarankan:

(1) bagi sekolah untuk berupaya meningkatkan strategi pembelajaran di sekolah, serta memaksimalkan sarana dan prasarana yang sudah ada untuk meningkatkan minat berwirausaha;

(2) bagi guru untuk memberikan dorongan motivasi dan pemberian strategi mengajar yang baik untuk siswa;

(3) bagi siswa agar selalu aktif dalam proses pembelajaran kewirausahaan serta pemanfaatan pelaksanaan praktek kerja industri dengan baik untuk mendapatkan pengetahuan mengenai bidang kewirausahaan yang nantinya berhubungan dengan minat berwirausaha;

 

(4) bagi peneliti lain disarankan untuk memperhatikan variabel-variabel lain yang berhubungan dengan minat berwirausaha yang tidak dibahas dalam penelitian ini.