SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Module Berbasis Digital Flipbook Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Kelas X Pemasaran SMK Islam Batu Malang)

MUZAKKI YULIAN

Abstrak


ABSTRAK

Muzakki, Yulian. 2018. Pengembangan E-modul Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Kelas X Pemasaran di SMK Islam Batu Malang). Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Mohammad Hari, M.Si.

 

Kata Kunci: E-modul, Flipbook, dan Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis.

Media pembelajaran e-modul berbasis flipbook ini merupakan sarana pembelajaran berupa buku digital yang bersifat interaktif dalam penggunaanya selama kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian ini adalah research and deleopment (R&D).

Tujuan penelitian ini antara lain:

(a) Untuk menghasilkan produk berupa e-module atau modul elektronik berbasis flipbook pada mata pelajaran komunikasi bisnis untuk siswa kelas X pemasaran di SMK Islam Batu semester genap.

(b) Mengetahui kelayakan dari e-module Komunikasi Bisnis berbasis Flipbook  materi semester genap untuk siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu,

(c) Untuk mengetahui respon siswa dalam penggunaan e-module pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis kelas X di SMK Islam Batu.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dalam buku sugiono yang terdiri dari  9  tahap pengembangan, yaitu

(1) potensi dan masalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,

(5) revisi desain,

(6) uji coba produk,

(7) revisi produk,

(8) uji pemakai,

(9) produk akhir.

Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X Pemasaran SMK Islam Batu.

 

Hasil validasi media mencapai 97,5% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi ahli materi mencapai 97,5% dengan kategori sangat valid. Uji coba produk dilakukan menjadi 2 tahap yaitu uji coba kelompok terdiri 6 siswa dan uji coba masal terdiri 40 siswa X Pemasaran SMK Islam Batu. Hasil uji coba kelompok kecil mencapai 83,5% dan uji coba masal mencapai 85,5% dengan rata-rata siswa mengatakan belajar menggunakan media pembelajaran e-modul berbasis flipbook sangat menarik, menyenangkan dan materi mudah dipahami.