SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH FIRM SIZE, GROWTH OPPORTUNITIES, LEVERAGE, DAN LIQUIDITY TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN HEDGING (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Primer dan Sekunder yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017)

HANDAYANI TRI

Abstrak


ABSTRAK

Handayani, T. 2019. Pengaruh Firm Size, Growth Opportunities, Leverage, dan Liquidity terhadap Pengambilan Keputusan Hedging(Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Primer dan Sekunder yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Trisetia Wijijayanti, S.E., M.BA.

 

Kata Kunci: hedging, firm size, growth opportunities, leverage, liquidity.

Teori manajemen risiko memberikan beberapa penjelasan mengenai penggunaan derivatif sebagai sarana hedging oleh perusahaan-perusahaan untuk mengurangi fluktuasi arus kas, laba maupun nilai perusahaan.Mengingat penggunaan teknik manajemen risiko hedging  begitu kompleks, manajer perusahaan harus mampu memperhitungkan bagaimana penggunaan hedging akan memberikan manfaat yang diharapkan dengan biaya yang dikeluarkan atas penggunaan instrumen hedging tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Kondisi Keputusan Hedging, Firm Size, Growth Opportunities, Leverage dan Liquidity pada perusahaan primer dan sekunder, Pengaruh Firm Size terhadap Keputusan Hedging, Pengaruh Growth Opportunities terhadap Keputusan Hedging, Pengaruh Leverage terhadap Keputusan Hedging, Pengaruh Liquidity terhadap Keputusan Hedging.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan primer dan sekunder yang terdaftar di BEI yang berjumlah 560 perusahaan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 55 perusahaan dengan periode penelitian 2015 sampai 2017, maka jumlah sampel sebanyak 165 data. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis Regresi Logistik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kondisi Keputusan Hedging tergolong rendah, kondisi Firm Size tergolong tinggi, kondisi Growth Opportunities tergolong tinggi, kondisi Leverage tergolong rendahdan kondisi Liquidity tergolong rendah, Firm Sizeberpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Hedging, Growth Opportunities tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Hedging, Leveragetidak berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Hedging, Liquidity berpengaruh negatif signifikan terhadap Keputusan Hedging.Oleh karenaitu, investor diharapkan bisa lebih cermat dalam melihat penggunaan instrument derivatif oleh perusahaan, sehingga investor mendapatkan pengembalian investasi sesuai dengan yang diharapkan. Begitu juga perusahaan seharusnya mampu mengidentifikasi eksposur yang dimiliki dan menentukan penggunaan natural hedging.