SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-module Berbasis Digital Flipbook Pada Mata Pelajaran Administrasi Keuangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas XII AP SMK Negeri 2 Blitar)

IMELDA CAHYA MEGA

Abstrak


RINGKASAN

Imelda, Cahya Mega. 2019. Pengembangan E-module Berbasis Digital Flipbook Pada Mata Pelajaran Administrasi Keuangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas XII AP SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad arief, M.Si.

 

Kata Kunci :E-module, Flipbook, Administrasi Keuangan, Hasil Belajar

Pengembangan e-module Administrasi Keuangan sangat dibutuhkan karena belum adanya modul yang diperuntukan untuk peserta didik. Pengembangan e-module ini bertujuan untuk

(1) Menghasilkan e-module berbasis Fipbook pada mata pelajaran Administrasi Keuangan berbasis Flipbook untuk peserta didik kelas XII SMK Negeri 2 Blitar

(2) Mengetahui kelayakan e-module pada mata pelajaran Administrasi Keuangan berbasis Flipbook untuk peserta didik kelas XII SMK Negeri 2 Blitar melalui validasi ahli materi dan ahli media dan

(3) Mengetahui efektifitas e-module pada mata pelajaran Administrasi Keuangan berbasis Flipbook untukkelas XII SMK Negeri 2 Blitar dengan cara mengukur perbedaan pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan media dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media.

Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan keadaan lapangan dan batas waktu yang di berikan sekolah, yaitu

(1) Potensi dan Masalah:

(2) Pengumpulan data;

(3) Desain Produk;

(4) Validasi desain;

(5) Revisi desain;

(6) Uji coba produk;

(7) Revisi produk;

(8) Uji coba pemakaian;

(9) Produk akhir.validasi e-module dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan 6 peserta didik.

Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh 95,63% yang dinyatakan sangat valid, sedangkan hasil validasi oleh ahli media diperoleh 87,95% yang dinyatakan sangat valid. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan secara langsung untuk mengetahui kemudahan pemahanan materi memperoleh hasil sebesar 81,38% yang dinyatakan sangat mudah dipahami . setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai posttest aspek kognitif untuk kelas kontrol 78,66 dan untuk kelas eksperimen 88,25.

 

Saran untuk peneliti berikutnya untuk mempelajari produk ini terutama software Flip PDF Corporate  untuk kemudian dikembangkan produk yang lebih kreatif dan inovatif dengan menghubungkan beberapa software. Materi yang tersedia dalam e-module hanya berbasisi pada satu kompetensi dasar pada mata pelajaran Adminstrasi Keuangan kelas XII AP SMK Negeri 2 Blitar, untuk peneliti selanjutnya disarankan agar menambahkan materi yang lebih luas. Selanjutnya disarankan pada peneliti untuk melakukan validasi ahli materi dan hali media lebih dari satu orang, sehingga kualitas e-module menjadi lebih baik.