SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Total Aktiva terhadap Rentabilitas (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Barang dan Konsumsi yang listing diBEI tahun 2014-2017)

NELY INDIANA

Abstrak


Kata Kunci: Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Perputaran Total Aktiva, Rentabilias

Modal kerja dan aktiva yang dikelola dengan baik oleh manajer perusahaan akan mempengaruhi rentabilitas perusahaan. Ukuran keberhasilan suatu perusahaan tidak hanya dilihat dari profit, melainkan dengan melihat efisiensi perusahaan dalam memanfaatkan modal yang dimiliki untuk menghasilkan laba yaitu dengan rentabilitas. Dalam persaingan bisnis yang ketat manajer perusahaan harus mengelola modal yang dimiliki dengan efektif dan efisien untuk meningkatkan rentabilitas secara maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja dan perputaran total aktiva terhadap rentabilitas pada perusahaan sector industri barang dan konsumsi yang listing diBEI tahun 2014-2017. Indikator untuk mengukur rentabilitas menggunakan Return On Asset (ROA). Variabel modal kerja yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan serta variabel perputaran total aktiva. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan descriptive explanatory. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling yang terdiri dari 25 perusahaan industri barang dan konsumsi yang listing diBEI tahun 2014-2017 yang mempunyai ROA positif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan kondisi tren menurun pada variable ROA perputaran kas, perputaran piutang, perputaran total aktiva dan tren yang meningkatan pada kondisi perputaran persediaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial perputaran kas berpengaruh negatif  signifikan terhadap rentabilitas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan perputaran total aktiva berpengaruh positif signifikan terhadap rentabilitas. Secara simultan perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan dan TATO berpengaruh terhadap rentabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, maka untuk selanjutnya diharapkan

(1) Bagi Perussahaan diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan komponen modal kerja dan aktiva terutama pada kas, piutang, persediaan dan total aset yang dimiliki untuk mengoptimalkan rentabilitas.

(2) Bagi Peneliti Selanjutnya disarankan untuk memperluas penjabaran penelitian dengan menambah jumlah variabel, penambahan periode penelitian dan juga subyek penelitian yang berbeda dengan karakteristik yang lebih beragam.