SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU MELALUI PENGALAMAN KAJIAN DAN PRAKTIK LAPANGAN (KPL) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA PADP & PTTN FE UM ANGKATAN TAHUN 2015

SARASWATI THUSY TIARA

Abstrak


ABSTRAK

Saraswati, T. T. 2019. Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi Tentang Profesi Guru Melalui Pengalaman Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa PADP & PTTN FE UM 2015. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ludi Wishnu Wardana, S.T., S.Pd., S.E., M.M.

 

Kata Kunci: Efikasi Diri, Persepsi Tentang Profesi Guru, Pengalaman KPL, Kesiapan Menjadi Guru

Kesiapan menjadi guru adalah kondisi atau kemampuan yang dimiliki mahasiswa baik fisik maupun mental untuk membimbing, mendidik, mengajar dan mengarahkan peserta didik untuk mencapai hasil pendidikan yang diharapkan. Kesiapan seorang guru dalam mengajar haruslah didukung dengan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Selain itu juga harus memiliki pendidikan formal dan non formal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Deskripsi efikasi diri, persepsi tentang profesi guru, pengalaman KPL, dan kesiapan menjadi guru.

(2) Pengaruh efikasi diri terhadap pengalaman KPL

(3) Pengaruh persepsi tentang profesi guru terhadap pengalaman KPL.

(4) Pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru.

(5) Pengaruh persepsi tentang profesi guru terhadap kesiapan menjadi guru.

(6) Pengaruh pengalaman KPL terhadap kesiapan menjadi guru.

(7) Pengaruh efikasi diri melalui pengalaman KPL terhadap kesiapan menjadi guru.

(8) Pengaruh persepsi tentang profesi guru melalui pengalaman KPL terhadap kesiapan menjadi guru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 171 mahasiswa dengan sampel berjumlah 120 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis sampling adalah proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur serta uji hipotesis menggunakan uji t dan sobel test.

Hasil analisis menunjukkan bahwa:

(1) Efikasi diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengalaman KPL.

(2) Persepsi tentang profesi guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengalaman KPL.

(3) Efikasi diri berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru.

(4) Persepsi tentang profesi guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru.

(5) Pengalaman KPL berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru.

(6) Efikasi diri mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru melalui pengalaman KPL, dan variabel pengalaman KPL mampu memediasi efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru.

(7) Persepsi tentang profesi guru mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kesiapan menjadi guru melalui pengalaman KPL, dan variabel pengalaman KPL tidak mampu memediasi persepsi tentang profesi guru terhadap kesiapan menjadi guru. Penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh variabel efikasi diri, persepsi tentang profesi guru dan pengalaman KPL terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 32%, sedangkan selebihnya dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan:

(1) Dosen PADP & PTTN  dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan untuk meningkatkan kesiapan menjadi guru.

(2) Mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan keterampilan mengajar, menambah wawasan terkait materi pembelajaran, siap menghadapi kesulitan baik materi maupun konsep pembelajaran, dan mampu berinovasi serta bervariasi dalam menerapkan model pembelajaran.

(3) Pihak P4L LP3 UM dapat memberikan masukan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan KPL agar memaksimalkan praktik mengajar di sekolah mitra.

(4) Peneliti lain perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel-variabel lain yang mempengaruhi kesiapan menjadi guru, selain dari efikasi diri, persepsi tentang profesi guru dan pengalaman KPL.

 

ABSTRACT

Saraswati, T. T. 2019. Self Efficacy Influence and Teacher Profession Discernment through Study Experience and Field (KPL) toward the Readiness to Become a Lecture of PADP & PTTN FE UM 2015. Sarjana’s Thesis, Departement of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. Ludi Wishnu Wardana, S.T., S.Pd., S.E., M.M.

 

Key words: Self Efficacy, Teacher Profession Discernment, KPL Experience, Readiness to Become a Lecture

A readiness to be a teacher or lecturer is a condition or ability owned by a university student, either physical or mental to guide, educate, and direct learners to achieve an expected education result. The readiness of a teacher in teaching should be supported by pedagogic competency, personality, social, and professional. Besides, a teacher should have formal or non-formal education..

This research has purpose to fathom:

(1) Self efficacy description, teacher profession discernment, KPL experience, and readiness to become a teacher.

(2) Self efficacy influence toward KPL experience.

(3) Discernment influence about teacher profession toward KPL experience.

(4) Self efficacy influence toward the readiness to become a teacher.

(5) Discernment influence about teacher profession toward the readiness to become a teacher.

(6) KPL experience influence toward the readiness to become a teacher.

(7) Self efficacy influence through KPL experience toward the readiness to become a teacher.

(8) Discernment influence about teacher profession through KPL experience toward the readiness to become a teacher.

This research uses the quantitative approach. The research’s sample which is used are 120 college students from 171 people of the total population. The sample collection uses the probability sampling with, especially using proportional random sampling. The instrument of data collection is using questionnaire and documentation to collect the data.

The research result shows :

(1) Self efficacy influences positively and significantly toward KPL experience.

(2) Teacher profession discernment influences positively and significantly toward KPL experience.

(3) Self efficacy influences positively and significantly toward the readiness to become a teacher.

(4) Teacher profession discernment influences positively and significantly toward the readiness to become a teacher.

(5) KPL experience influences positively and significantly toward the readiness to become a teacher.

(6) Self efficacy influences positively and significantly toward the readiness to become a teacher toward KPL experience, and the variable of KPL experience is able to mediate self efficacy toward the readiness to become a teacher. (7) Teacher profession discernment has positive influence and no significant toward the readiness to become a teacher through KPL experience, and the variable of KPL experience cannot mediate teacher profession discernment toward the readiness to become a teacher. This research shows how important the variable of self efficacy, teacher profession discernment and KPL experience toward the readiness to become a teacher is about 32%, while the rest is influenced by another variable.

Based on teh research result, suggested:

(1) Lecturer PADP & PTTN can provide motivation to students who attended the lecture are to increase readiness to become a teacher.

(2) University student should be able to improve teaching competency, increase the insight related to material, be ready to face obstacle, either from the material or studying concept, and innovate and vary in implementing studying concept.

(3) P4L LP3 UM can give input to the students who will carry out the KPL in order to maximize the practice teaching in school partners.

(4) Other researchers should have more research related to other variables that influence the readiness of becpoming a teacher, beside self efficacy, teacher profession discernment, and KPL experience.