SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-ModulBerbasisDigital FlipbookPada Mata PelajaranAdministrasiUmumUntukMeningkatkanHasilBelajarPesertaDidik (StudiPadaPesertaDidikKelas X ProgamKeahlianOtomatisasi Tata KelolaPerkantorandanAkuntansiKeuangan Lain SMK PGRI 2 Malang)

BINTI TRISNAWATI

Abstrak


Kata Kunci : e-modul, digital flipbook, hasilbelajar

Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa E-Modul Berbasis Digital Flipbook. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matapelajaran Administrasi Umum diperoleh informasi bahwa aktivitas pembelajaran di SMK PGRI 2 Malang sudah menggunakan media elektronik tetapi pemanfaatannya belum maksimal dan hampir sebagian besar proses pembelajaran menggunakan media cetak yaitu buku paket. Tantangan lain yang dihadapi sekolah dengan adanya kurikulum baru adalah keterbatasan media pembelajaran yang efektif dan efisien untuk mendukung penerapan kurikulum 2013 yang mengharapkan peserta didik dapat mandiri di dalam proses belajar sehingga ini mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada semester ganjil yang sangatbervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) menghasilkan produk E-Modul yang layak berbasis Digital Flipbook pada matapelajaran Administrasi Umum Kompetensi Dasar Menerapkan Komunikasi Di Tempat Kerja.

(2) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan E-Modul berbasis Digital Flipbook dengan peserta didik yang tidak menggunakan E-Modul berbasis Digital Flipbook.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural menurut Gall, at all yang mengakomodasi langkah-langkah penelitian dan pengembangan Dick and Carey dan disesuaikan dengan kondisi sebenarnya tempat penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu

(1) Kelas kontrol (kegiatan pembelajaran melalui penyampaian materi dari buku cetak); dan

(2) Kelas Eksperimen (kegiatan pembelajaran menggunakan E-Modul). Penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 33 peserta didik kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran dan 26 subjek peserta didik kelas X Akuntansi Keuangan Lain.

Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil pengisian angket validasi ahli, angket respon pengguna (peserta didik) terhadap E-Modul, serta nilai posttest peserta didik kelas kontrol dan peserta didik kelas eksperimen. Teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data statistik inferensial.

Berdasarkan hasil validasi dua ahli E-Modul diperoleh rata-rata sebesar 97,5% yang menyatakan E-Modul sangat valid dan layak .3 diuji cobakan. Sedangkan hasil validasi dua ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 97,2% yang menyatakan bahwa materi valid dan layak diuji cobakan. Hasil angket respon pengguna (peserta didik) pada uji coba skala terbatas dan skala besar diperoleh rata-rata persentase sebesar 83,86% yang menyatakan bahwa E-Modul sangat valid dan layak digunakan.

Hasil posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata 70,40 untuk kelas eksperimen dan 52,80 untuk kelas kontrol. Standar deviasi kelas eksperimen 9, 88 dan standar deviasi kelas kontrol 10,29 yang menggambarkan bahwa nilai peserta didik pada kelas eksperimen lebih homogen. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peneliti menggunakan uji t Independent Sample melalui aplikasi SPSS 23 for windows dan memperoleh nilai t hitung>t tabel (6,646 > 2,001) dengan probabilitas< α (0,00< 0,05), maka Hoditolak, artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Saran pemanfaatan E-modul berbasis Digital Flipbook bagi guru yaitu :

(1) e-modul akan lebih baik lagi apabila disertai dengan penjelasan atau contoh dari guru baik secara teoritis ataupun secara praktis yang diambil dari pengalaman guru maupun pengalaman peserta didik. Saran pemanfaatan E-Modul berbasis Digital Flipbook bagi peserta didik yaitu :

 

(2) Peserta didik diharapkan terlibat aktif dalam pembelajaran dan apabila ada yang belum dipahami lebih baik menanyakan kepada guru matapelajaran yang bersangkutan.