SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Berbasis Video Klip Lagu Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas IV MI Perwanida Kota Blitar

FIRDAUS ALFATH

Abstrak


Kata kunci: pengembangan, video klip lagu matematika

Media untuk pembelajaran matematika sebaiknya bervariasi. Macam media yang digunakan tidak hanya papan tulis dan benda kongkrit saja namun juga dengan pemanfaatan teknologi agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran dapat berupa media audiovisual seperti video klip lagu yang berkonteks materi pembelajaran. Sehingga siswa tidak hanya mengamati video saja, namun juga aktif dengan cara bernyanyi bersama. Penggunaan media video klip tidak terlepas dari prinsip belajar yang menyenangkan yaitu bernyanyi sambil belajar.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media video klip lagu matematika pada materi bangun datar kelas IV yang valid menurut ahli materi, ahli media, dan juga pengguna. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan dari Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, angket/kuisioner, dokumentasi, dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media berbasis video klip lagu matematika memperoleh persentase kevalidan sebesar 97,5% dari keseluruhan aspek penilaian oleh ahli materi,  98,75% dari ahli media, 100%  dari guru bidang studi matematika, 100% dari penilaian angket oleh siswa, dan siswa mengalami peningkatan rata-rata nilai dari hasil tes awal dengan tes akhir. Dapat disimpulkan bahwa media berbasis video klip lagu matematika yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat valid, menarik bagi siswa, dan memberikan manfaat dalam proses pembelajaran matematika.

 

Produk media berbasis video klip lagu matematika yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai media pengenalan materi, penguat materi yang telah dipelajari sebelumnya oleh siswa, serta dapat dijadikan sebagai ice breaking dalam proses pembelajaran matematika. Produk ini juga dapat dikembangkan lagi dari segi keluasan materinya, digunakan sebagai reverensi untuk membuat video klip lagu pembelajaran serupa dengan tema, sub tema ataupun pada materi pembelajaran yang berbeda dan dapat dikembangkan menjadi video animasi 3D (3 Dimensi).