SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-ModulBerbasis Epub (Electronic Publication) pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Pada Siswa Kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang)

ANHAR ALIVIOLA COSICA

Abstrak


ABSTRAK

Anhar, Aliviola Cosica. 2019. Pengembangan E-Modul Berbasis Epub (Electronic Publication) pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis (Studi Pada Siswa Kelas X Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran SMK PGRI 2 Malang). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agus Hermawan, M.Si, Grad Dip Mgt., M.Bus

 

Kata Kunci: pengembangan E-Modul, EPUB, SIGIL, Komunikasi Bisnis

Perkembangan teknologi yang sangat pesat mendorong seluruh aspek untuk ikut serta dalam berinovasi dengan kecanggihan teknologi yang ada, begitu pula dalam bidang pendidikan. Pada saat ini inovasi bidang pendidikan dan teknologi dapat dilakukan dengan berbagai media, diantaranya E-Learning, E-Book, Web, E-Modul, dan lain sebagainya. Penelitian dan pengembangan modul elektronik berbasis EPUB (Electronic Pulication) dengan menggunakan bantuan aplikasi SIGIL ini dilatarbelakangi oleh kurangnya acuan belajar yang dapat digunakan siswa untuk pembelajaran disekolah maupun dirumah.

Tujuan dari penelitian ini adalah:

(1) mengembangkan modul Epub yang berbasis elektronik pada mata pelajaran Komunikasi Bisnis,

(2) menguji kelayakan E-modul berbasis Epub,

(3) mengetahui efektifitas dan respon siswa terhadap E-modul berbasis Epub.

Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu:

(1) Analisys,

(2) Design,

(3) Development,

(4) Implementation, dan

(5) Evaluation.

Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif didapat dari perhitungan skor kuesioner validator dan siswa sebagai subjek uji coba serta hasil pretest dan posttest siswa. Data kualitatif merpakan kritik, saran dan komentar yang diberikan validator dan siswa.

Hasil uji validasi E-Modul berbasis Epub menunjukan persentase sebagai berikut. Validasi dari ahli materi mendapat hasil persentase sebesar 98,91% dengan kategori sangat valid. Validasi ahli media mendapat hasil persentase sebesar 96,71% dengan kategori sangat valid. Uji coba kelompok kecil medapat hasil sebesar 93,37% dengan kategori sangat valid. Dan hasil dari perhitungan Validasi kelompok besar menunjukan persentase kevalidan sebesar 88,49% dengan kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Epub sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Uji T dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul Komunikasi Bisnis berbasis EPUB. Hasil analisis SPSS menghasilkan t hitung sebesar -6,914, nilai –t hitung < –t tabel (-6,914 < -2,898), maka H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan nilai tes sebelum dan sesudah penerapan E-Modul dalam pembelajaran. Dari rata-rata hasil pretest dan posttest diketahui bahwa rata-rata nilai posttest lebih tinggi dari pretest. Hal tersebut dapat diartikan bahwa penerapan E-Modul efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas.