SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar (Studi Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Kepegawaian Bagi Peserta Didik Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen)

MUHAMMAD NABIL ALFI

Abstrak


Kata Kunci : Efikasi Diri, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Dalam dunia pendidikan, hasil belajar menjadi salah satu indikasi berhasil tidaknya suatu pendidikan. Hasil belajar yang baik mengindikasikan berhasilnya suatu pendidikan. Hasil belajar pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Kepegawaian digunakan sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang dikuasai peserta didik dalam memahami mata pelajaran Pengantar Administrasi Kepegawaian. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar, diantaranya faktor intern (Efikasi Diri, dan Motivasi Belajar) dan faktor ekstern (Lingkungan Belajar).

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh efikasi diri, lingkungan belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Kepegawaian jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen. Penelitian ini adalah penelitian survey research. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen yang berjumlah 112 peserta didik dan sampel penelitian 95 peserta didik yang diambil dengan menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pengantar administrasi kepegawaian jurusan Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen.

(2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pengantar administrasi kepegawaian jurusan Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen.

(3) Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pengantar administrasi kepegawaian jurusan Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen.

(4) Ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar peserta didik melalui motivasi belajar pada mata pelajaran pengantar administrasi kepegawaian jurusan Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen.

(5) Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar peserta didik melalui motivasi belajar pada mata pelajaran pengantar administrasi kepegawaian jurusan Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen.

 

Kesimpulan yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri, lingkungan belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pengantar administrasi kepegawaian jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan dilapangan adalah untuk lebih memotivasi peserta didik untuk percaya diri bahwa kegagalan dapat membuat peserta didik lebih giat dalam mencapai keberhasilan prestasi, dengan membuat target peserta didik dapat mencapai prestasi belajar yang diinginkan, dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan memperluas kajian penelitian dengan fokus permaalahan yang berbeda.