SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Kearsipan (Studi Pada Peserta Didik Kelas X OTKP SMK Negeri 2 Blitar)

MULIASTITI DEVI PANDINI

Abstrak


RINGKASAN

Muliastiti, Devi Pandini. 2019. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Kearsipan (Studi Pada Peserta Didik Kelas X OTKP Smk Negeri 2 Blitar). Skripsi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M.

 

Kata Kunci: Bahan ajar, E-Modul, dan Flipbook.

Penelitian dan pengembangan ini didasarkan pada adanya keterbatasan bahan ajar yang tersedia di sekolah. Saat ini, bahan ajar yang tersedia kurang memadai dan dalam jumlah yang terbatas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menghasilkan, mengetahui kelayakan dan efektivitas E-Modul berbasis Flipbook yang dihasilkan peneliti. Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berupa E-Modul yang berbasis Flipbook pada mata pelajaran Kearsipan dengan kompetensi dasar 3.10 Mengevaluasi arsip dalam rangka menentukan retensi arsip dan 3.11 Menerapkan prosedur penyusutan arsip.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian dari Sugiyono yang disesuaikan oleh peneliti dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah yakni

(1) potensi dan masalah,

(2) pengumpulan informasi,

(3) desain produk,

(4) validasi produk,

(5) perbaikan produk,

(6) uji coba lapangan, dan

(7) revisi produk dan produk akhir.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah E-Modul Kearsipan berbasis Flipbook, yang telah divalidasi oleh ahli E-Modul dan ahli materi. E-Modul ini tidak berupa fisik (cetak) melainkan file yang dapat dibuka pada komputer dan dapat berpindah halaman hanya dengan sekali klik. E-Modul ini berisi teks, gambar, video, suara serta kuis online dan dikemas dalam media penyimpanan berupa Compact Disk. Hasil dari validasi E-Modul dan validasi materi berada pada kategori sangat. Respon peserta didik terhadap E-Modul juga diuji dengan penyebaran Kuesioner juga sangat baik. Hal tersebut berarti bahwa E-Modul yang dihasilkan sangat layak digunakan dan tidak perlu dilakukan revisi. Selain hasil validasi dan Kuesioner uji lapangan, penelitian dan pengembangan ini menggunakan tes formatif untuk melihat efektivitas penggunaan E-Modul. Hasil tes formatif ranah kognitif yang dilakukan pada kelas X OTKP 2 adalah di atas rata-rata. Hasil tersebut menyatakan bahwa dengan menggunakan E-Modul yang dihasilkan, peserta didik tuntas dan dapat menguasai kompetensi dasar yang diajarkan secara efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh, diketahui bahwa E-Modul Flipbook yang dikembangkan telah memenuhi tujuan dari penelitian.

Saran untuk penelitian dan pengembangan ini yakni untuk lebih memperhatikan kondisi, dan sasaran penelitian. Serta lebih kreatif dalam mengembangkan produk E-Modul yang lebih bervariasi.

 

SUMMARY

Muliastiti, Devi Pandini. 2019. Developing E-Modul Flipbook Learning Media on Archival Subject (Study on the Tenth Grade Students of OTKP at SMK Negeri 2 Blitar). Sarjana’s Thesis. Department of Management, Faculty of Economics, State University of Malang. Advisor: Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M.

 

Keywords: Learning Media, E-Modul, Flipbook.

This research and development is based on the limitations of available teaching materials at school. At the moment, the available teaching materials are still inadequate and in limited numbers. The purpose of this study is to develop, produce, and determine the feasibility and effectiveness of the Flipbook-based E-Module produced by researchers. Products produced from this research and development are in the form of Flipbook-based E-Modules on Archival subjects with basic competencies 3.10 Evaluating archives in order to determine archive retention and 3.11 Implementing archival depreciation procedures.

This research and development uses a research method from Sugiyono that is adjusted by researcher from ten steps to seven steps which are:

(1) potential and problems,

(2) information gathering,

(3) product design,

(4) product validation,

(5) product improvement,

(6) field trials, and

(7) product and final product revisions.

The results of this research and development are Flipbook based E-Modules, which have been validated by E-Module experts and material experts. This E-Module is not in the form of printed media but a file that can be opened on a computer and can change pages with just one click. E-This module contains text, images, videos, sounds and Online quizzes and is packed in storage media in the form of Compact Disks. The results of E-Module validation and material validation are in the very category. The response of students to the E-Module was also tested by distributing questionnaires also very well. This means that the E-Module produced is very feasible to use and does not need to be revised. In addition to the results of validation and field test questionnaires, this research and development uses formative tests to see the effectiveness of using E-Modules. The cognitive formative test results performed on the tenth grade of OTKP 2 were above average. These results state that by using the E-Module produced, students complete and can master the basic competencies taught effectively. Based on the results obtained, it is known that the E-Module Flipbook developed has met the objectives of the study.

 

Lastly, the suggestions for this research and development are to pay more attention to the conditions and objectives of the study. As well as being more creative in developing more varied E-Module products.