SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Packaging Design dan Price Discount terhadap Impulse Buying (Studi pada Konsumen Minuman Fanta di Giant Kota Malang)

NURUL FATONAH

Abstrak


Kata Kunci: packaging design, price discount, impulse buying

Industri food and beverages berkembang sangat cepat, hal ini ditandai dengan munculnya berbagai jenis makanan dan minuman baru. Perilaku impulse buying menjadi hal menarik bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Packaging design dan price discount merupakan jenis promosi yang dapat memicu perilaku impulse buying.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:

(1) deskripsi dari packaging design, price discount, dan impulse buying pada konsumen minuman Fanta di Giant Kota Malang

(2) pengaruh packaging design secara parsial terhadap impulse buying

(3) pengaruh price discount secara parsial terhadap impulse buying

(4) variabel packaging design atau price discount yang dominan mempengaruhi impulse buying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen minuman Fanta di Giant Kota Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling terhadap 152 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa

(1) deskripsi dari packaging design, price discount, dan impulse buying pada minuman Fanta di Giant Kota Malang cukup baik

(2) terdapat pengaruh packaging design secara positif dan signifikan terhadap impulse buying

(3) terdapat pengaruh price discount secara positif dan signifikan terhadap impulse buying

(4) variabel yang mempunyai pengaruh lebih dominan terhadap impulse buying adalah price discout.

 

Berdasarkan hasil analisis, peneliti menyarankan bagi perusahaan minuman Fanta, sebaiknya lebih meningkatkan desain dari kemasan yang disesuaikan dengan trend setiap tahunnya agar lebih menarik minat konsumen. Bagi perusahaan ritel Giant, sebaiknya memberikan price discount yang menarik minat konsumen seperti penambahan besaran price discount dan waktu pada saat pemberian price discount terutama pada minuman Fanta.