SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Melalui Locus of Control Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Islam Batu

Andeline Putricya

Abstrak


ABSTRAK

Andeline, Putricya. 2019. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Melalui Locus of Control Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Islam Batu. Skripsi, Jurusan Manajemen, fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Suwarni, M.Si.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Locus of Control, Intensi Berwirausaha, SMK Islam Batu

Intensi berwirausaha adalah kesungguhan niat seseorang dalam membuat, melakukan, atau menjalankan suatu usaha dengan cara dan dorongan tertentu baik secara sadar maupun tidak sadar. Intensi berwirausaha haruslah didukung dengan adanya motivasi, kemauan, serta pendidikan. Pendidikan yang dimiliki harus pendidikan formal dan non formal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Deskripsi pendidikan kewirausahaan, locus of control, dan intensi berwirausaha.

(2) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap locus of control.

(3) Pengaruh locus of control terhadap intensi berwirausaha.

(4) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha.

(5) Pengaruh pendidikan kewirausahaan melalui locus of control terhadap intensi berwirausaha.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis jalur serta uji hipotesis menggunakan uji t dan sobel test. Populasi pada penelitian ini berjumlah 301 siswa dengan sampel berjumlah 172 siswa. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis sampling adalah proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa:

(1) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap locus of control.

(2) Locus of control tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha.

(3) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha.

(4) Pendidikan kewirausahaan melalui locus of control tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha, dan variabel locus of conrol tidak mampu memediasi pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan:

(1) SMK Islam Batu diharapkan dapat terus memberikan pendidikan kewirausahaan baik itu pengetahuan maupun praktik yang berkenaan dengan kewirausahaan khususnya kelas XII yang akan lulus sehingga output dari SMK Islam Batu menghasilkan wirausahawan baru dan hal tersebut bisa mengurangi tingkat pengangguran yang ada di kota Batu.

(2) SMK Islam Batu diharapkan dapat tetap terus menjaga serta meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada siswa SMK Islam Batu agar tetap baik.

 

(3) Kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih mengembangkan penelitian yang akan dilakukan. Sehingga peneliti selanjutnya tidak hanya focus meniliti variabel pendidikan kewirausahaan, locus of control¸serta intensi berwirausaha saja. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel lain yang sekiranya dapat memberikan pengaruh terhadap SMK Islam Batu.