SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembalajaran Berbasis Lectora Inspire 17 Pada Mata Pelajaran Korespondensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar)

FIRA DILA MIA ANGGITA

Abstrak


Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Korespondensi diperoleh informasi bahwa aktivitas pembelajaran di SMK Negeri 2 Blitar masih menggunakan media powerpointsaja. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk

(1) menghasilkan produkberupa media pembelajaran yang interaktif dan layak yaitu media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17 pada mata pelajaran Korespondensi kompetensi dasar Menganalisis Pembuatan Surat Niaga pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar,

(2) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang telah menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17 dan yang tidak menggunakan media pembelajaran melalui uji t-test Independent Sample pada mata pelajaran Korespondensi kompetensi dasar Menganalisis Pembuatan Surat Niaga pada peserta didik kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakana dalah model penelitian Borg & Gall dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan kebutuhan lapangan dan batas waktu yang diberikan sekolah, yaitu

(1) Penelitian dan pengumpulan informasi;

(2)Perencanaan;

(3) Pengembangan desain produk awal;

(4) Ujicoba produk awal;

(5) Revisi hasi luji coba;

(6) Uji Lapangan Produk Utama;

(7) Revisi Produk Final;

(8) Uji Coba Lapangan.

Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu

(1) Kelas kontrol (kegiatan pembelajaran melalui penyampaian materi dari buku cetak); dan

(2) Kelas Eksperimen (kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17).

Sumber data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil pengisian angket validasi ahli media, ahli materi, dan angket respon pengguna (peserta didik) terhadap media pembelajaran, serta nilai posttest dan ketrampilan peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil sebesar 97,89% yang dinyatakan sangat valid, sedangkan hasil validasi oleh ahli media sebesar 96,36% yang dinyatakan sangat valid. Sedangkan hasil uji coba lapangan awal atau uji coba kelompok terbatas yang telah dilakukan memperoleh hasil sebesar 85,83% yang dinyatakan sangat valid. Setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai posttest ranah kognitif untuk kelas kontrol sebesar 77,22 dan untuk kelas eksperimen sebesar 87,20. Dan untuk hasil praktik nilai psikomotorik kelas kontrol sebesar 85,52 dan kelas eksperimen sebesar 89,51. Jadi, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17 dapat dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Saran pengembangan lebih lanjut tentang pengembangan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire 17 yaitu;

(1) pengembangan produk ini hanya sebatas pada kompetensi dasar menganalisis surat niaga dalam korepondensi, sebaiknya penelitian selanjutnya mencakup materi dan kompetensi dasar yang lain,

 

(2) produk yang dikembangkan berupa media offline dalam segi soal latihan, disarankan agar memanfaatkan media online sepertie-Learning yang dapat menghubungkan nilai yang dicapai oleh peserta didik dengan email guru agar dapat memudahkan guru dalam pengecekan keberhasilan belajar peserta didik.