SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Studio Pada Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Materi Hubungan Pelanggan (Studi Pada Siswa Kelas X Bisnis Daring Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar)

Triono Edy

Abstrak


Media pembelajaran merupakan alat bantu guru dalam proses kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan karena media pembelajaran merupakan alat untuk menyampaikan pesan dari guru ke siswa untuk merangsang siswa untuk berpikir. Melalui media pembelajaran mobile learning dapat memudahkan siswa belajar dimanapun dan kapanpun. Media pembelajaran berbentuk aplikasi yang dapat digunakan pada media smartphone. Android Studio adalah Integreted Development Environment (IDE) resmi untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA. Selain merupakan editor kode IntelliJ dan alat pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan fitur lebih banyak untuk meningkatkan produktivitas Anda saat membuat aplikasi android.

Penelitian ini bertujuan untuk:

1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran komunikasi bisnis materi hubungan pelanggan kelas X Bisnis Daring Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar.

2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran komunikasi bisnis materi hubungan pelanggan kelas X Bisnis Daring Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar.

3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran komunikasi bisnis materi hubungan pelanggan kelas X Bisnis Daring Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar.

Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data hasil pengembangan produk yakni analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X BDP 1 dengan sampel penelitian adalah 35 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan angket atau kuesioner.

Berdasarkan hasil data dari validasi media, materi, dan pengguna dapat diketahui bahwa responden dari pengguna menunjukan presentase sebesar 90,5%. Berdasarkan kriteria validitas maka media pembelajaran berbasis Android Studio yang telah dikembangkan masuk dalam kriteria sangat layak dan dapat digunakan tanpa revisi. Saran untuk media pembelajaran ini di sekolah lain di SMK Negeri 2 Blitar perlu diperhatikan fasilitas yang dimiliki siswa, harus mempunyai smartphone. Hal ini diperlukan karena format dari aplikasi adalah Apk.