SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis aplikasi android menggunakan appypie pada mata pelajaran marketing di SMKN 6 Jember

Lubada Fauzan

Abstrak


RINGKASAN

Lubada, F. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Appypie pada Mata Pelajaran Marketing di SMKN 6 Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mobile Learning, Aplikasi Android, Appypie.

Dalam era digital ini berbagai perkembangan teknologi telah mewujudkan perubahan dalam berbagai bidang dan telah membawa banyak kemudahan termasuk di bidang pendidikan. Adanya perkembangan teknologi telah memberi kesempatan kepada bidang kependidikan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis elektronik yang cukup beragam dan efektif untuk digunakan, Salah satunya adalah pengembangan media mobile learning ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan media pembelajaran mobile learning yang menggunakan appypie.

Tipe penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan prosedur dari Borg & Gall (1983) yang telah dimodifikasi peneliti. Peneliti memodifikasi prosedur penelitian tersebut dengan maksud untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan, sehingga memiliki prosedur sebagai berikut:

(1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi;

(2) Perencanaan;

(3) Pengembangan Produk;

(4) Validasi Produk;

(5) Revisi Produk 1;

(6) Uji Coba Lapangan;

(7) Revisi Produk 2;

(8) Hasil Produk Akhir.

Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Data Kuantitatif berupa hasil skor dari validator ahli dan hasil respon pengguna, dan Data Kualitatif berupa kritik dan saran validator ahli dan pengguna.

Berdasarkah hasil validasi ahli media yakni memperoleh skor sebesar 97,5%, dan skor yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi yakni mendapat skor sebesar 87%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mendapat kategori sangat layak untuk diujicobakan di lapangan. Sementara itu hasil respon uji coba lapangan yang melibatkan seluruh siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 1 di SMK Negeri 6 Jember yakni memperoleh skor sebesar 89,7% sehingga media pembelajaran dapat dikatakan sangat baik untuk digunakan.

Saran bagi peneliti selanjutnya yakni

(1) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan materi yang tidak hanya berisikan dua kompetensi dasar;

(2) Media pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan secara offline;

(3) Peneliti diharapkan dapat memaksimalkan fitur yang terdapat pada appypie apabila terdapat pembaharuan fitur baru.

 

SUMMARY

Lubada, F. 2019. Development learning media of mobile learning Based on Android Application Using Appypie in Marketing Subjects at SMKN 6 Jember. Sarjana’s Thesis, Commerce Education Study Program, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. H. Agung Winarno, M.M.

 

Keywords: Learning Media, Mobile Learning, Android Apps, Appypie.

In this digital era various technological developments have realized changes in various fields and have brought many conveniences, including education. The development of technology has offered an opportunity for the field of education to develop learning media based electronic is quite diverse and effective to use, One is the development of mobile learning media. This study aims to produce and test the feasibility of mobile learning instructional media that use the appypie.

This type of research is the research and development using the procedure of Borg and Gall (1983) which has been modified researcher. Researchers modifying the research procedure with a view to adjusting to the needs on the field, so it has the following procedures:

(1) Research and Information Collection;

(2) Planning;

(3) Product Development;

(4) Product Validation;

(5) Product Revision 1;

(6) Field Trial;

(7) Product Revision 2;

(8) Results of Final Products.

Data obtained in this research is quantitative data in the form of the score of the validator experts and the results of user responses and Qualitative Data in the form of criticism and suggestions validator experts and users.

Based on media expert validation results which obtained a score of 97.5%, and the scores obtained from the validation of the materials experts got a score of 87%, so it can be concluded that the instructional media got a very decent category to be tested in the field. Meanwhile the results of field trials response involving the entire class X Bisnis Daring dan Pemasaran 1 in SMK Negeri 6 Jember ie given a score of 89.7%, so the learning media can be said to be very good to use.

Suggestions for further research:

(1) The researchers then expected to develop a material that not only contains two basic competence;

(2) developed learning media can be used offline;

 

(3) The researcher is expected to maximize the features on appypie if there are updates of new features.