SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI ( Studi pada Siswa Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang )

PANGESTIKA MIKE AZIZAH

Abstrak


Pangestika, Mike Azizah. 2019. Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Portofolio pada Mata Pelajaran Korespondensi ( Studi pada Siswa Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd.

Penilaian autentik merupakan penilaian yang mengukur kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang berdasar pada proses dan hasil yang ditegaskan dalam kurikulum 2013 revisi 2017. Penilaian autentik mampu memberikan informasi mengenai faktor penyebab keberhasilan ataupun kegagalan dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan penilaian autentik di sekolah belum terlaksana dengan maksimal karena guru masih kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian.

Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk:

(1) Menghasilkan produk instrumen penilaian,

(2) Mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian. Instrumen yang disusun berupa instrumen penilaian autentik berbasis portofolio khusunya ranah psikomotorik pada mata pelajaran Korespondensi kompetensi dasar Membuat Surat Niaga dan subjek kelas X OTKP di SMK PGRI Turen.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall (dalam Sugiyono, 2017) yang dimodifikasi oleh peneliti dengan tahapan: (1) Potensi dan masalah,

(2) Pengumpulan data,

(3) Desain produk,

(4) Validasi desain,

(5) Revisi desain,

(6) Uji coba produk, (

7) Revisi produk, dan

(8) Produk akhir.

Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah validator isi, validator konstruk, guru pengajar mata pelajaran Korespondensi, dan peserta didik kelas X OTKP di SMK PGRI Turen.

Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah:

(1) Analisis validasi isi oleh validator ahli materi diperoleh persentase penilaian sebesar 90% dengan kategori sangat valid,

(2) Hasil analisis validasi konstruk oleh validator ahli assesment diperoleh persentase penilaian sebesar 94% dengan kategori sangat valid,

(3) Hasil analisis tanggapan guru pengguna diperoleh persentase penilaian sebesar 89,5% dengan kategori sangat valid,

(4) Hasil analisis tanggapan 9 peserta didik kelas X OTKP diperoleh persentase penilaian sebesar 91,29% dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian autentik yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Saran pemanfaatan instrumen penilaian auntentik agar dapat digunakan secara tepat maka perlu dilakukan:

(a) Sebelum melakukan praktik membuat surat niaga diperlukan penjelasan mengenai aspek-aspek yang akan dinilai dan kriteria penilaiannya agar peserta didik memiliki gambaran yang jelas mengenai kegiatan praktik dan hasil yang diperoleh lebih maksimal,

(b) Memperhatikan waktu praktik agar kegiatan yang dilakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.