SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Berbasis Website dengan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) pada Mata Pelajaran Korespondensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Nadhirotul Mukaromah

Abstrak


Modul merupakan suatu buku yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik mampu belajar secara mandiri dengan atau tanpa bimbingan dari guru. Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) merupakan suatu peluang bagi dunia pendidikan untuk meningkatkan aktifitas pembelajaran dengan menyediakan sumber belajar secara online yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Model pembelajaran yang digunakan pun juga harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013 revisi. Model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) membantu peserta didik agar lebih aktif karena dapat membangun pengetahuan awal peserta didik, menemukan pengetahuan baru hingga akhirnya mengkonstruksi pengetahuan sesuai hasil pembelajaran yang diperoleh. Awalnya peserta didik mendapatkan sedikit informasi dari guru dan browsing dari internet sehingga peserta didik mudah bosan dan cenderung kurang memahami materi dikarenakan tidak adanya buku panduan yang relevan dalam belajar. Pengembangan modul berbasis website ini penting untuk inovasi dalam pembuatan bahan ajar yang telah ada. Melalui modul berbasis website ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pengembangan modul berbasis website ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk berupa modul Korespondensi berbasis website  dengan menggunakan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE), 2) Mengetahui kelayakan modul Korespondensi berbasis website, 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul Korespondensi berbasis website dan peserta didik yang tidak menggunakan modul Korespondensi berbasis website.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian dari Borg and Gall (dalam Sugiyono, 2017) dengan melalui beberapa langkah yaitu:

1) Potensi dan masalah,

2) Pengumpulan data,

3) Desain produk,

4) Validasi desain,

5) Revisi desain,

6) Uji coba lapangan terbatas,

7) Revisi produk,

8) Uji coba pemakaian,

9) Revisi produk, dan

10) Produk akhir.

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung pada Mata Pelajaran Korespondensi Kompetensi Dasar 3.8 Menganalisis Surat Niaga. Validasi modul dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 40 peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui pengaruh modul berbasis website terhadap hasil belajar.

Hasil perhitungan validasi ahli materi diperoleh total skor 97 atau dalam bentuk presentase sebesar 87% yang berarti valid digunakan. Hasil perhitungan ahli media diperoleh skor 107 atau dalam bentuk presentase sebesar 99% yang berarti valid digunakan. Hasil perhitungan uji coba lapangan terbatas dengan jumlah 6 peserta didik kelas X OTKP memiliki skor 429 atau dalam bentuk presentase sebesar 89% yang berarti valid digunakan, serta hasil perhitungan uji coba pemakaian dengan jumlah 34 peserta didik kelas X OTKP 1 memiliki skor 2800 atau dalam presentase sebesar 85% yang berarti valid digunakan. Kritik dan saran yang diberikan ahli materi, ahli media, dan pengguna (peserta didik) pada uji coba lapangan terbatas dan uji coba pemakaian digunakan untuk memperbaiki modul berbasis website.

Perhitungan hasil belajar ranah kognitif menggunakan rumus nilai rata-rata, diperoleh hasil posttest kelas eksperimen (X OTKP 1) yaitu sebesar 84,48, sedangkan nilai rata-rata hasil posttest kelas kontrol (X OTKP 2) yaitu sebesar 78,43. Hasil belajar ranah psikomotorik juga menggunakan nilai rata-rata. Nilai rata-rata kelas eksperimen (X OTKP 1) sebesar 92,25, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol (X OTKP 2) sebesar 84,63. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol. Kesimpulan dari penggunaan modul Korespondensi berbasis website dengan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotorik.

 

Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian modul Korespondensi berbasis website  dengan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) adalah mengembangkan modul pembelajaran secara offline, menerapkan pada mata pelajaran lainnya, dan menggunakan model pembelajaran lain agar proses pembelajaran lebih bervariatif dan menarik sesuai dengan kurikulum yang berlaku.