SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan

RAHMAWATI ARI

Abstrak


ABSTRAK

Rahmawati, Ari. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan ( Studi Pada Peserta Didik Kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung). Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.

 

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Administrasi Perkantoran diperoleh informasi bahwa guru masih menggunakan metode ceramah. Selain itu hasil belajar peserta didik masih rendah. Peneliti memiliki solusi yang dapat diterapkan guru melalui metode pembelajaran demonstrasi. Tujuan penelitian ini yaitu:

(1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Demonstrasi peserta didik kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung pada mata pelajaran Humas dan Keprotokolan

(2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XII Administrasi Perkantoran 3 SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek 40 peserta didik kelas XII APK. Analisis data melalui tahap reduksi data, paparan data, dan penyimpulan hasil analisis. Setiap siklus penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Hasil penelitian ini yaitu

(1) Penerapan metode pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan RPP

(2) Penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata presentase keberhasilan 88,71% dan pada siklus II 91,23%.

Kesimpulan penelitian ini yaitu:

(1) Penerapan model pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran Humas dan Keprotokolan di kelas XII Administrasi Perkantoran 3 SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung dilaksanakan baik sesuai RPP

(2) Penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik pada aspek kognitif maupun psikomotorik.

Saran yang dapat diberikan yaitu:

(1) Bagi guru, model pembelajaran demonstrasi dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar

(2) Bagi peserta didik diharapkan dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih aktif

 

(3) Bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan referensi.